Foto: Wide Magazine
0
313

Buka Peluang Pembalap Muda, IMI Ajak MP1 Sport Persiapkan MiniGP Word Series

Gilamotor.com – Pengenalan Mini GP Word Series oleh Dorna Sport tentunya menjadi peluang bagi pembalap muda di Indonesia untuk menuju MotoGP Gilmoters. Pasalnya gelaran MiniGP Word Series akan di gelar di Indonesia.

Berlangsung pada hari Selasa (16/3) Bambang Soesatyo selaku ketua Ikatan Motor Indonesia bertemu secara langsung Motora Prima Indonesia (MP1) Sport dan mengajak untuk bergotong royong untuk persiapan MiniGP Word Series Gilmoters.

(Baca juga: Motor Terendam Banjir, Ini Yang harus Dilakukan Bikers)

Hal pertama yang akan dilakukan adalah membangun sirkuit di daerrah Pecatu, Bali. Di atas tanah seluas 8 hektar, yang mana nantinya 5 hektar akan digunakan sebagai sirkuit dan 3 hektar digunakan sebagai sarana penunjang Gilmoters. Bakalan bertambah lagi sirkuit berkualitas internasional di Indonesia.

Menurut Bamsoet event ini akan sangat menarik dan tentunya tidak kalah menarik dari ajang MotoGP Gilmoters. MiniGP Word Series merupakan ajang balap motor yang diikuti pembalap muda berusia 10 – 14 tahun. Dan sama sama kita ketahui di Indonesia bibit – bibit pembalap muda terbilang banyak.

“FIM dan Dorna Sport secara resmi pada tahun 2021 telah mengenalkan event Mini GP Word Series, sebagai bagian dari penyelenggara MotoGP 2021.” Kata Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI.

Foto: Indonesian Racing

Balap MiniGP diadakan di negara manapun yang sanggup, dengan mengikuti regulasi dari FIM dan Dorna, yakni balapan harus digelar minimal 4 seri dengan 8 kali balapan. Ajang balap ini juga harus diikuti minimal 15 pebalap permanen di tiap kompetisinya. Balapan digelar di sirkuit gokart dan motor balap yang digunakan harus Ohvale GP-0 160 dengan ban Pirelli.

“Selain membangun sirkuit MiniGP, Motora Prima Indonesia maupun berbagai pecinta olahraga otomotif lainnya juga harus mengembangkan sports talent development untuk mempersiapkan para pebalap muda Indonesia. Sehingga keberadaan sirkuit balap juga ditunjang dengan keberadaan pebalap berkualitas internasional,” kata Bamsoet.

Tidak berhenti disitu, MP1 juga akan menggelar MotoGP eSport Indonesian Series bagi gamers dan fans berat MotoGP di Indonesia. Indonesia merupakan negara pertama yang diberikan full rights oleh Dorna.

Foto: Peter Hickman