0
739

Cara Aman Meminimalisir Kecelakaan Saat Berkendara

Gilamotor.com – Dalam berkendara tentunya Gilmoters harus fokus, pasalnya faktor internal dan eksternal menjadi penentu bagaimana berkendara bisa menjadi aman Gilamoters.

Agus Sani Head Of Tim Safety Riding Promotion (SRP) Wahana memaparkan ragam faktor yang sangat berpengaruh besar terhadap keselamatan berkendara. Mulai dari kondisi psikologis pengendara hingga faktor eksternal alam, cuaca, dan lainnya dapat menjadi penyebab kecelakan sepeda motor. Pertama, kesiapan dan suasana hati (mood) adalah faktor utama yang berpengaruh pada gaya, pola hingga emosional pengendara ketika dijalan raya.

(Baca juga: Bendera Start H.Putra Indonesia Cup Prix 2021 Dibuka Bamsoet)

“ Masalah kerja, rumah tangga dan lainnya, ada baiknya ditinggal disuatu tempat kala kita ingin bersepeda motor, apalagi perjalanan yang jauh,” jelas Agus Sani. Dijelaskannya lebih lanjut, menjaga emosi baik dari diri sendiri ataupun adanya gangguan dari pengendara lain dijalan adalah kunci agar pengendalian sepeda motor lebih baik. Lebih baik hindari pengguna jalan lain yang memang dapat memancing emosi Gilmoters.

Dan tidak kalah pentingnya, kondisi kesehatan juga berperan penting pada keselamatan apalagi dimasa pandemi seperti ini Gilmoters. Kesehatan yang maksimal adalah modal utama pengendara sepeda motor dapat mengendalikan dengan baik kendaraan yang digunakannya. Dimasa pandemi ini, usahakan memakai helm berkaca dan wajib bermasker untuk menghindari kemungkinan kontaminasi di jalanan.

“ Beragam faktor baik secara internal dan eksternal yang berpotensi sebabkan kecelakaan. Namun dengan pengetahuan, kewaspadaan dan skill berkendara yang baik, resiko tersebut dapat diminimalisir dengan baik,” Lanjut Agus. Tidak hanya itu Tim SRP Wahana juga selalu mengingatkan untuk menggunakan perlengkapan berkendara yang aman secara tepat, periksa kesiapan motor, patuhi aturan lalu lintas dan terakhir berdoa, ingat selalu untuk Cari_Aman saat berkendara motor.