Photo: Circuitlosail
0
473

Daftar Pemenang MotoGP Qatar : Yamaha Kuasai Podium

Gilamotor.com – Tes pramusim MotoGP 2021 telah usai berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar. Kini semua tim tengah bersiap menghadapi seri perdana yang akan berlangsung pada hari Minggu (28/3).

Musim ini menjadi musim yang sangat di tunggu – tunggu oleh fans MotoGP terlebih di beberapa kelas MotoGP Indonesia ikut meramaikan walaupun baru dalam bentuk sponsor dan kolaborasi tim , seperti Mandalika Racing Team yang berkolaborasi dengan SAG dan Indonesian Racing Team yang berkolaborasi dengan Gresini Racing.

(Baca juga: Indonesian Racing Gresini Moto3 Bawa Motif Batik Ke Ajang Balap MotoGP)

Kembali pada kelas MotoGP yang meguasai podium di sirkuit Losail, Qatar ternyata dikuasai tim Yamaha Gilmoters. Valentino Rossi menyumbang 4 podium, Jorge Lorenzo 3 Podium dan Maverick Vinales 1 podium.

Yamaha mampu mempertahankan podium tiga tahun berturut turut melalui 3 pembalap kebanggannya. Sementara pabrikan Ducati sudah lebih dulu menguasai podium pada tahun 2007 – 2009 lewat pembalap Casey Stoner Gilmoters dan pabrikan Ducati berhasil menguasai lima kali podium.

Kedua pabrikan ini bisa diprediksi bisa kembali menguasai podium di Sirkuit Losail, Qatar MotoGP 2021 Gilmoters. ditambah lagi pembalap Ducati membuktikan punya kekuatan mumpuni di Losail. Bahkan pembalap tim satelit Pramac Ducati, Johann Zarco bisa memecahkan top speed motor MotoGP di Sirkuit Losail.

“Ducati terlihat sangat kuat, begitu pula Suzuki dan dua pembalap Yamaha lainnya (Quartararo dan Vinales). Dan Vale (Rossi) juga sangat cepat. Saat ini sepertinya pertarungan antara Yamaha, Suzuki dan Ducati,” kata Franco Morbidelli.

Sirkuit Losail, Qatar pertama kali menjadi tuan rumah pada kejuaraan dunia balap MotoGP pada tahun 2004. Trek tersebut memiliki 16 tikungan dengan panjang lintasan 5,4 kilometer dan Sirkuit Losail, Qatar juga memegang tonggak sejarah sebagai tuan rumah balapan malam pertama.

Daftar Pemenang MotoGP Qatar :

2004 – Sete Gibernau (Honda)

2005 – Valentino Rossi (Yamaha)

2006 – Valentino Rossi (Yamaha)

2007 – Casey Stoner (Ducati)

2008 – Casey Stoner (Ducati)

2009 – Casey Stoner (Ducati)

2010 – Valentino Rossi (Yamaha)

2011 – Casey Stoner (Honda)

2012 – Jorge Lorenzo (Yamaha)

2013 – Jorge Lorenzo (Yamaha)

2014 – Marc Marquez (Honda)

2015 – Valentino Rossi (Yamaha)

2016 – Jorge Lorenzo (Yamaha)

2017 – Maverick Vinales (Yamaha)

2018 – Andrea Dovizioso (Ducati)

2019 – Andrea Dovizioso (Ducati)