0
1414

Perawatan Standar Sepeda Motor Yang Sering Terlewatkan

Gilamotor.com – Standar samping menjadi bagian pentig pada sepeda motor, oleh karena itu side stand atau lebih dikenal standar samping selalu kalian temu pada sepeda motor, terkecuali motor balap Gilmoters.

Jika dulu standar motor hanya digunakan sebagai penopang motor saat terparkir kini kemajuan teknologi membuat side stand pada motor skutik dilengkapi dengan sensor. Fitur ini hadir untuk memberikan keamanan bagi pengendara jika lupa mengembalikan side stand ke posisi yang sebenarnya pada saat sepeda motor dalam keadaan menyala.

(Baca juga: Safety Check Gratis Dengan Promo Menarik Dari AHASS)

“Semua jenis motor matic Honda saat ini sudah dilengkapi fitur Side Stand Switch. Hal ini akan memberikan rasa aman dan meminimalisir adanya potensi kecelakaan saat motor matic dengan mesin hidup tapi hanya ditopang dengan standar samping. Karena pada posisi ini ban belakang masih menapak ke jalan sehingga akan sangat berbahaya jikalau ada yang memainkan handle gas.” Ujar Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Selain Side Stand, begitu juga dengan Main Stand atau Standar Tengah menjadi salah satu bagian komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menopang keseluruhan beban kendaraan secara seimbang dalam kondisi roda belakang terangkat.

“Namun jika ada endapan kotoran dan cipratan air hujan dapat menyebabkan standar tengah bermasalah atau macet tidak bisa digunakan,” ujarnya.

Apabila main stand tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh kalian Gilmoters, diantaranya:

1. Disarankan untuk menggunakan Main Stand setiap hari, hal ini akan menghilangkan adanya potensi karat yang menempel antara shaft dengan pipa Main stand.

“Sehingga dalam jangka panjang, main stand tersebut akan selalu berfungsi dengan baik dan meminimalisir mengalami kemacetan akibat adanya karat di antara shaft dengan Main stand,” kata Ade.

2. Lumasi Shaft Main stand secara berkala, hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya karat antara shaft dengan pipa main stand. Pelumasan yang baik dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. Posisikan sepeda motor pada side stand switch.
b. Lumasi shaft main stand dari arah sebelah kanan.
c. Pelumas bisa menggunakan cairan penetran atau chainlube yang mempunyai kadar pelumasan baik.
d. Lakukan secara berkala setiap 1 (satu) bulan atau sehabis di cuci ataupun sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir

Stadar tengah kekinian dilengkapi dengan fitur pemisahan pergerakan antara shaft dengan standar tengah. Sehingga hal ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan generasi terdahulu, diantaranya:

1. Standar Tengah bisa menopang kendaraan dengan sempurna.
2. Terdapat pemisahan pergerakan antara shaft dengan main stand.
3. Ada Indikasi kemacetan apabila sudah mulai muncul karat di dalam pipa main stand
4. Pengguna sepeda motor dapat mengetahui secara dini apabila ada indikasi kerusakan
5. Tidak muncul karat didalam pipa main stand dengan perawatan yang tepat dengan adanya indikasi dari kelancaran pergerakan standar tengah.