Photo: Gilamotor/Ilham
0
1121

Bagian Dari Michelin Group, Corsa Singkirkan Bungkus Plastik

Gilamotor.com – PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) selaku produsen ban motor merk Corsa mulai mengikuti aturan perusahaan, yang mana anak usaha dari Group Michelin sudah mulai meninggalkan bungkus plastik Gilmoters.

Secara bertahap langkah ini dimulai oleh Multistrada pada tanggal (7/4) dan masa transisi diperkirakan akan berlangsung hingga Mei 2021. Langkah ini diambil mengikuti inisiatif Michelin di Indonesia dalam upaya pengurangan sampah plastik sekali pakai. Hal ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 30 persen pada tahun 2025.

(Baca juga: Cara Mudah Deteksi Kerusakan Motor Lewat Teknologi MIL)

“Setiap tahun rata-rata Multistrada Arah Sarana memproduksi 5,5 juta ban motor. Sebagian besar dibungkus plastik sekali pakai, di mana bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Maka itu, guna mengurangi jumlah sampah plastik tunggal, Multistrada menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban di tahun 2022. Kami percaya, inisiatif ini merupakan langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam mencapai proses bisnis yang berkelanjutan,” kata Presiden Direktur Michelin dan Multistrada Arah Sarana Steven Vette.

Pada tahun 2019, volume total produksi ban Multistrada mencapai hamper 15 juta unit. Hampir 75 persen dari total produksi diekspor ke berbagai negara. Seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi paska puncak pandemi Covid-19, jumlah produksi ban diperkirakan mengalami peningkatan pada tahun ini, sehingga berpotensi meningkatkan produksi sampah plastik sekali pakai jika penggunaan bungkus tidak dihentikan.

“Tentunya keuntungan dari tidak adanya pembungkus plastik adalah pelanggan dapat melihat langsung pola kembangan ban. Tetapi yang terpenting, dengan membeli ban tanpa pembungkus plastik, pelanggan kami telah ikut mendukung inisiatif ini dan ikut berkontribusi dalam upaya mengurangi sampah plasti sekali pakai di Indonesia, “pungkas Vette.