0
1440

Kolaborasi Apik Berbuah Royal Enfield Himalayan GT14

Gilamotor.com – Tidak terhenti akan masa pandemi kini kolaborasi Thrive Motorcycles bersama Den Dimas mempersembahkan hasil kustom dari Royal Enfield Himalayan. Sepeda motor kustom ini menjadi wujud nyata dari passion dan antusiasme Den Dimas sebagai pecinta sepeda motor Gilmoters.

Hal yang membuat motor ini semakin unik adalah Thrive Motorcycles dan Den Dimas sepakat menggunakan teknik 3D-printing dalam pengerjaannya. Teknik baru ini dapat menjadi inspirasi baru bagi para custom builder di indonesia.

(Baca juga: IIMS Hybrid Jadi Ajang Sosialisasi Event kustom ICS)

Proyek ini berawal dari inisiatif Den Dimas untuk mendekati Thrive, untuk memodifikasi beberapa bagian dari Royal Enfield Himalayan tahun 2019 miliknya dengan tanpa perlu melakukan potongan rangka. Thrive mengusulkan ide out of the box, yakni dengan elemen yang dicetak menggunakan 3D-printer sebagai cetakan utama, sehingga tidak perlu membentuk dan membengkokkan lembaran logam.

Den Dimas setuju dengan ide duplikasi, dimana cetakan ini dapat dibuat berkali-kali untuk bikers lain yang menginginkan penampilan motor berbeda – tanpa usaha atau waktu lama.

“Dalam proses modifikasi, kami melepas panel samping asli dan spakbor belakang untuk melihat dengan jelas anatomi kerangka asli dan memindainya ke kanvas digital. Kami lalu memasukkan sentuhan desain Dakkar Rally untuk sepeda motor Den Dimas, karena kami yakin ini menjadi kombinasi sempurna dengan rangka pabrikan Royal Enfield. Setelah itu, kami mencetak panel depan baru dan menggabungkan panel bodi samping dengan spakbor belakang sebagai satu kesatuan,” ujar Barata Dwiputra (Design & Fabrication), Co-founder Thrive Motorcycle.

Ketika hasil cetakan 3D dirasa sudah memenuhi harapan, Thrive Motorcycles menambahkan fiber glass ke seluruh cetakan untuk bodi Royal Enfield Himalayan yang baru. Selain itu, Thrive juga menambahkan motor Den Dimas dengan elemen lain, seperti lampu sein THRV terbaru, Footpegs THRV Odipus Mk 2, Stang Aluminium THRV Scrambler 7/8, Knalpot Stainless Kustom THRV, Sistem Kunci Kursi Cetak 3D, Brace Headlight 3D Printed, Tail tidy, Undertail Cover, dan Passenger Footstep Cover.

“Saya sangat tertarik untuk memodifikasi Royal Enfield Himalayan saya, karena saya belum pernah melakukan kustomisasi menggunakan sepeda motor yang memiliki akar British dan jiwa India. Himalayan adalah kanvas yang sempurna untuk proyek ini karena sepeda motor ini punya jiwa petualang yang kuat, sangat tangguh untuk semua medan, namun tetap memiliki sentuhan klasik ikonik yang tidak dimiliki sepeda motor adventure lain,” ungkap Den Dimas.

Tema besar yang dibawa Thrive dalam sepeda motor kustom ini terinspirasi oleh Porsche 911 RS – mobil edisi khusus yang dirancang oleh Porsche untuk Rothmans Rally Team untuk berlomba di musim 1984. Skema warnanya sungguh menarik perhatian dan Thrive mengaplikasikan kombinasi warna tersebut pada motor Den Dimas untuk meningkatkan atmosfer Rally.

Nama custom-build ini, GT14 “Gemini T14”, juga memiliki tujuan yang sama dengan skema warna, artinya sepeda motor ini dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan dan mudah bergaul dengan orang baru Gilmoters.