0
674

Mau Touring Diakhir Pekan, Ini Yang Harus Dipersiapkan

Gilamotor.com – City touring dan touring luar kota menjadi aktivitas yang tentunya Gilmoters lakukan di akhir pekan, namun dimasa pandemi seperti sekarang bukan hanya mematuhi protokol kesehatan saja ada bayak persiapan lain yang harus kalian lakukan.

“Saat melakukan touring pengendara dan penumpang wajib penggunakan perlengkapan berkendara, diantaranya jaket yang sesuai untuk berkendara, helm standar SNI, sarung tangan, dan masker, serta mempersiapkan jas hujan dan pakaian pengganti sesuai kebutuhan.” Kata Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head DAM.

(Baca juga: Salah Dalam Menggunakan Power Charger Dijamin Motor Tidak Nyala, Ini Solusinya)

Berikut persiapan yang harus Gilmoters lakukan sebelum touring:

Surat-Surat Kendaraaan

Surat-surat kendaraan yang harus ddipersiapkan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Kendaraan

Gilmoters tentunya harus menggunakan motor yang baik, apapun jenis kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan yang prima. Beberapa bagian motor harus dalam kondisi yang baik, seperti kondisi mesin, kampas rem, oli mesin, kondisi ban, lampu apakah menyala dengan baik. Diwajibkan juga membawa toolkit agar aman selama di perjalanan.

“Apabila saat touring sepeda motor mengalami masalah pada kendaraannya, pengemudi bisa mengunjungi bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat untuk di cek sehingga berkendara tetap dalam kondisi yang aman dan nyaman,” ujar Ludhy.

Cek Kesehatan

Perjalanan harus dibarengi denga kondisi tubuh yang sehat. Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, cek kondisi kesehatan pengemudi dan penumpang yang merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi.

Di dalam perjalanan, pengendara tetap harus memperhatikan kondisi tubuh. “Sebaiknya istirahat minimal 2 jam sekali dan makan secara teratur agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit,” ujarnya.

Tentukan Tempat Pemberhentian Istirahat

Hal yang sering terlupakan oleh pengendara adalah tidak merencanakan tempat berhenti untuk beristirahat, sehingga sering memaksakan sampai ketempat tujuan. Disarankan 2 jam sekali untuk beristirahat sehingga tubuh pun dapat kembali fokus dan menghindari potensi bahaya ketika merasa lelah.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Setiap perjalanan dianjurkan agar tetap selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dimanapun Gilmoters berada. Agar perjalanan kita menjadi lebih aman dan nyaman hingga selamat sampai ditujuan.