0
907

Ranmor Merajalela, Ini Langkah Aman Antisipasinya

Gilamotor.com – Pencuri kendaraan roda dua alias Ranmor tentunya di dukung oleh kesempatan dan kelengahan dari kalian Gilmoters, untuk mengantisipasinya Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) berbagi tips aman.

Saat ini hampir setiap motor seperti motor Honda sudah dilengkapi kunci pengaman tambahan atau biasa kalian sebut tutup magnet. Dalam mengantisipasinya Mukti, Instruktur TSF Wahana menyarankan ada baiknya untuk memperlambat upaya pencurian motor, stang motor terparkir yang biasa kesebelah kiri kini dibalik kesebelah kanan.

(Baca juga: Safety Dalam Berkendara, YLCJ Makin Kompak Dengan Apparel Anyar)

“Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya,” buka Mukti.

Sementara itu produk premium Honda, pabrikan telah menggunakan sistem keyless sehingga motor tidak memiliki lubang kunci stater. Namun, sekali lagi meski demikian, pencurian bisa dilakukan dengan cara memalsukan sinyal sistem dan waspadalah ketika meminjamkan motor usahakan peminjam tidak mengetahui nomor pin (barcode) bawaan untuk menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

“ Jalan terbaik demi menagamankan sepeda motor, perlu ketelitian dan rasa waspada pemilik kendaraan,” tambah Mukti. Perhatikan kondisi keamanan lingkungan ketika meninggalkan motor dalam jangka waktu cukup lama Gilmoters.

Tambahkan beragam kunci pengaman yang bisa dibeli di bursa otomotif baik berupa kunci disc, kunci handle rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gear bagi sepeda motor yang menggunakan rantai.

“ Tidak mengenal waktu, kondisi dan tempat, musibah kehilangan sepeda motor bisa terjadi kapanpun pada siapapun. Tingkat pencurian roda dua adalah satu tingkat kriminal yang banyak terjadi di seluruh wilayah, “ ingat Mukti.

Lebih lanjut kewaspadaan terhadap keamanan pemi lik adalah ‘kunci’ yang terbaik ketika meninggalkan sepeda motor di suatu lokasi dan dalam jangka waktu yang lama.