0
644

Selisih 0,060 Detik Mario Kantogi 13 Poin

Gilamotor.com – Mario Suryo Aji berhasil finish di posisi ke-4 pada seri perdana FIM CEV Moto3 Junior World Championship, yang digelar di Sirkuit do Estoril, Portugal (25/4). Pemuda 17 tahun ini hanya memiliki selisih waktu 0,060 detik dengan pebalap yang mengisi podium ke-3 Gilmoters.

Mengawali jalannya balap pada posisi 8 Mario berusaha untuk masuk pada jajaran pebalap di depannya. Bersaing dengan 34 pebalap berbakat dari seluruh dunia yang turun di balap kali ini, pembalap muda ini pun harus sabar untuk mengisi posisi ke-9 di awal jalannya balapan.

(Baca juga: Musim Ketiga, Mario Suryo Aji Siap Berlaga di Balap Eropa)

Pebalap yang mengisi posisi 1-10 pun terbagi pada tiga grup, aksi overtake antar pebalap di dalam grup tidak dapat dihindari Gilmoters. Setiap celah dan kesalahan yang dilakukan satu pebalap selalu menjadi kesempatan emas bagi pebalap lainnya untuk mendahului.

Jelang 4 lap terakhir ketiga grup ini pun melebur, persaingan semakin sengit Gilmoters. Mario yang semula mengisi posisi 7-9, perlahan terus memperbaiki performanya dan mulai mengamankan posisi 5 besar. Kesempatan untuk meraih podium pun semakin terbuka ketika pemuda asal Magetan ini berjibaku memperebutkan posisi ketiga.

Di tikungan terakhir sebelum finish, usaha Mario pun membuahkan hasil, dirinya mampu mencuri posisi ketiga. Sayang kesempatan podium harus terlepas saat Mario bersaing side by side menuju garis finish.

Aksi impresif Mario ini meraih catatan waktu 29: 56.323, selisih 1,074 detik dengan posisi pertama dan selisih 0,060 detik dengan posisi ketiga. “Pada lap terakhir, saya dapat mengisi posisi ketiga, tetapi sayang saya disalip saat lintasan lurus sebelum finish. Saya kecewa karena hal itu, tetapi saya senang karena berhasil meraih poin,” ujar Mario.

Hasil pada seri Estoril ini membuat Mario mengantongi 13 poin di klasemen sementara dengan mengisi posisi keempat Gilmoters. Berikutnya, seri kedua ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship akan dilaksanakan pada 9 Mei 2021 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol dengan menggelar 2 kali race. Jangan lupa sakskian ya Gilmoters.