0
827

Ini Yang Harus Dipersiapkan Ladies Bikers Dalam Perjalanan Jauh

Gilamotor.com – Kini bukan hanya Gilmoters yang suka degan perjalanan jauh menggunakan motor, beberapa ladies bikers juga turut meramaikan hobi touring menggunakan motor ke beberapa wilayah di Indonesia.

Seperti halnya Eleonora Ajisela atau lebih dikenal dengan “Jisel”, seorang penggemar berkendara sepeda motor dan sangat terkenal di kalangan pengendara wanita, melakukan perjalanan menarik dari Jakarta ke Bali.

(Baca juga: Honda CB150R Streetfire Hanya Bermodal Tampilan, Ini Faktanya)

Bukan kali ini saja Gilmoters, Jisel juga pernah melakukan perjalanan ke kota kota lain dengan meggunakan sepeda motor. Berkat pengalaman touring nya Gisel juga berbagi tips persiapan untuk ladies bikers yang mau melakuka touring, seperti :

1. Tentunya kalian para ladies harus sehat dan fit dengan berolahraga dan tidur secara teratur.

2. Sebelum memulai perjalanan sebaiknya sepeda motor dibawa ke bengkel untuk memastikan secara teknis baik-baik saja dan pastikan untuk menanyakan kepada mekanik bagian mana dari sepeda motor yang mungkin bisa bermasalah.

Hal ini menjadi sebuah pencegahan terjadinya halangan pada sepeda motor dan akan memudahkan kamu sebagai pengendara untuk mengatasinya.

3. Pasang beberapa aksesori pada sepeda motor, seperti dudukan ponsel untuk melihat peta pada ponsel, lampu tambahan dan klakson.

4. Bagi para ladies, pakaian bisa menjadi permasalahan. Karena tempat penyimpanan pada sepeda motor terbatas, maka kamu perlu selektif dalam membawa pakaian. Untuk itu perlu membawa pakaian yang bahannya cepat kering, seperti bahan dry fit, mudah dicuci lalu cepat kering.

5. Gunakan helm Supermoto dengan visor bening. Hal ini akan memudahkan pengendara dalam berkendara di bawah sinar matahari karena terdapat semacam topi kecil pada helm dan visor bening untuk berkendara pada malam hari.

6. Gunakan jaket riding khusus untuk wanita dengan pelindung. Pastikan tidak terlalu sempit atau kebesaran, karena jaket dengan ukuran yang pas akan lebih nyaman dan juga aman. Kenakan juga sarung tangan, balaclava, dan sepatu pergelangan kaki.

7. Siapkan rencana perjalanan, seperti waktu perjalanan dari satu titik ke titik berikutnya dan kegiatan atau acara apa yang ingin dikunjungi. Perencanaan yang baik dapat bantu meminimalisir masalah di perjalanan.

8. Siapkan nomor darurat.

9. Bawalah alat dan kunci standar sepeda motor.

10. Bawalah tim jika ingin berkendara ke pedalaman, akan terasa lebih aman jika perlu menjelajahi daerah terpencil.

11. Berhenti setiap 2-3 jam sekali. Sambil menikmati kopi, kamu bisa ngobrol dengan warga sekitar, atau mengistirahatkan mata sejenak.

12. Tetap waspada dan miliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang sepeda motor yang sedang dikendarai. Jika ada suara, disarankan untuk segera mencari penghentian untuk mengetahui masalahnya dan kemudian memperbaikinya secepatnya.

13. Tidak disarankan menggunakan intercom. Kamu perlu berkonsentrasi, fokus, memperhatikan keseimbangan dan melihat seluas mungkin. Jika Anda merasa bosan, mampirlah ke kedai kopi lokal.

14. Bersiaplah untuk kesulitan, jangan panik dan tetap waspada. Masih banyak warga lokal yang baik hati dan akan menawarkan bantuan.

15. Dan yang terpenting, kenali sepeda motor yang akan kamu kendarai sebelum memulai touring. “Menurut saya, mengenali sepeda motor itu sangat penting karena kita dapat membiasakan diri dengan sepeda motornya,” kata Jisel yang kini mengandala Royal Efield Himalaya untuk perjalanan touring.