0
538

Jason Dupasquier Meninggal, Thomas Luthi Absen Dari Race Moto2 Italia

Gilamotor.com – Ajang MotoGp kembali memakan Korban Gilmoters, pembalap Moto3 Jason Dupasquier meninggal dunia usai mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi di Sirkuit Mugello.

Jika melihat reka ulang melalui video yang sudah tersebar di media sosial kecelakaan ini meibatkan tiga pembalap sekaligus yaitu Ayumu Sasaki, Jeremy Alcoba, dan Jason Dupasquier di Tikungan 9.

(Baca juga: Nadia Padovani Kini Nakhoda Tim Balap Gresini Racing)

Bendera merah sempat dikibarkan dan kualifikasi dihentikan serta menunda delaran FP4 MotoGP. Naasnya pembalap muda yag kini beerusia 19 tahun tidak bisa terselamatkan.

Dalam keterangan resminya, FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional) Medical Officer Giancarlo di Filippo menyebutkan Jason Dupasquier sudah diterbangkan ke rumah sakit untuk menjalani tindakan lebih lanjut. Namun, nyawa Jason Dupasquier tidak dapat diselamatkan. Luka-lukanya terlalu parah dan ia tutup usia pada hari ini. Pihak MotoGP langsung mengumumkan kabar duka itu tak lama setelah balapan Moto3 Italia.

“Menyusul insiden serius pada sesi Kualifikasi Moto3 2 di Gran Premio d’Italia Oakley, dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya pembalap Moto3 Jason Dupasquier,” tulis pihak MotoGP melalui pernyataan resminya.

Melalui informasi yang dikutip dari Speedweek Dokter MotoGP, Dr. Angel Charte menyebutkan kepala Jason Dupasquier mengalami benturan keras yang memang tidak bisa terhindarkan Gilmoters.

“Dupasquier terlibat dalam insiden multi-pembalap antara Tikungan 9 dan 10, dengan pengibaran bendera merah sesudahnya. Kendaraan Intervensi Medis FIM tiba di lokasi dengan segera dan pembalap Swiss itu dirawat di jalurnya sebelum dipindahkan dengan helikopter medis, dalam keadaan stabil, ke Rumah Sakit Careggi di Florence. Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit dan semua yang kemudian merawat pembalap Swiss itu, rumah sakit telah mengumumkan bahwa Dupasquier dengan sedih menyerah pada luka-luka yang dialaminya.”

“Dupasquier telah membuat awal yang mengesankan untuk musim keduanya di kelas ringan balap Grand Prix, secara konsisten mencetak poin dan masuk dalam sepuluh besar klasemen. FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang terkasih Dupasquier,” ujar pihak MotoGP.

Kabar duka tersebut membuat pembalap Mandalika Racing Team, Thomas Luthi mundur dari balap seri Italia. Sama sama berasal dari Swiss, Luthi ingin berada di sisi Dupasquier di rumah sakit Gilmoters.