Foto: Global Suzuki
0
1439

Kisah Motor Perdana Empat Pabrikan Jepang 

Gilamotor.com – Empat pabrikan sepeda motor negeri Sakura sangat sukses memasarkan roda dua. Terlebih di pasar Indonesia, ke empat pabrikan ini menguasai peringkat atas Gilmoters. Namun ternyata kisah awal dari ke empat pabrikan motor ini justru bukan membuat motor, mungkin bahasa kerennya saat ini adalah ekspansi bisnis atau pengembangan usaha.

Uletnya pemimpin dalam menjalani bisnis tetunya bisa Gilmoters lihat dari ke empat pabrikan motor ini. Penasaran sama kisah menarik saat awal mereka memproduksi motor? Cekidot!

(Baca juga: Jaga Kondisi Sokbreaker Sepeda Motor, Begini Cara Mudahnnya)

Honda

Foto: Young-Machin.

Merajut histori dengan membuat cincin piston pabrikan mobil, dibawah kepemimpinan Soichiro Honda, Honda Motor Company berdiri tahun 1948 dan memproduksi Honda D-Type yang dibekali mesin 98cc 1 silinder 4-tak.

Suzuki

Foto: Bike Urious

Mengawali kiprah sebagai perusahaan tenun, pengembangan bisnis perusahaan pimpinan Michio Suzuki terbilang unik yaitu dengan menempelkan mesin ke sepeda dan dilanjutkan dengan mengenalkan Suzuki Colleda CO 90cc 1 silinder pada medio 1954.

Yamaha

Foto: AMCN

Diawali sebagai produsen piano, medio 1955 Yamaha Motor Corp mengenalkan Yamaha YA-1 yang terinspirasi dari motor DKW RT125. Motor bermesin 2 tak 1 silinder 123cc motor jadi jawara balap MT Fuji Ascent Race dan Asama Highland Race.

Kawasaki

Foto: Wikimedia

Walau mulanya memproduksi kapal, namun pada medio 1954 Kawasaki berhasil melahirkan secara utuh motor dengan nama Kawasaki B8. Pabrikan pimpinan Shozo Kawasaki ini mencangkokkan jantung pacu 2 tak berkapasitas 125cc di B8