Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
1889

Ingat Kembali Cara Ekstra Perawatan Riding Gear Dimasa Pandemi

Gilamotor.com – Angka peningkatan positif virus corona yang terus meningkat semakin membuat Gilmoters wajib melindungi diri dan keluarga. Jika kalian masih melakukan aktivitas di luar rumah tentunya harus mengikuti protokol kesehatan yang disarankan.

Jika itu semua sudah Gilmoters jalankan tampaknya masih ada satu hal lain yang wajib kalian lakukan guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Menjaga kebersihan saat tiba di rumah wajib dilakukan seperti membersihkan helm, jaket, sarung tangan dan sepatu Gilmoters.

Menurut Ludhy Kusuma sebagai Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, hal ini sering terlewat disaat tiba di rumah. Riding gear usai digunakan di letakan pada tempat yang tidak semestinya.

Berikut tips perawatan riding gear:

– Saat tiba dirumah riding gear seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan di simpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup agar tetap menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu riding gear tersebut cepat menjadi kering. Namun jika kondisi riding gear tersebut dalam kondisi yang kering cukup di bersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.

– Untuk helm sebaiknya di lap dan dibersihkan dahulu terutama bagian kaca agar tidak ada kotoran yang menempel yang pada akhirnya dapat menyebabkan kaca menjadi berjamur. “Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara,” jelas Ludhy.

– Seluruh riding gear seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan dan Sepatu tetap dijaga kelembapannya secara cukup agar riding gear tersebut tidak cepat rusak seperti terkelupas karena terlalu kering ataupun terlalu lembab yang mengakibatkan jamur atau bakteri dapat tumbuh dengan subur di bagian yang lembab.

– Disarankan menggunakan pengharum khusus riding gear untuk tetap menjaga kondisi kelembapan permukaan dari riding gear tersebut.

– Secara rutin membersihkan jika mulai terlihat ada debu dan kotoran yang menempel serta memberikan pengharum yang biasa digunakan agar kondisi riding gear seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, Sepatu dapat selalu nyaman dikenakan.

– Jika diperlukan silahkan menggunakan cairan Disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor. “Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit agar kondisinya tetap nyaman digunakan,” kata Ludhy.

Melakukan perawatan seperti ini tentunya Gilmoters bisa menjaga kebersihannya. “Dengan momen WFH saat ini penting bagi setiap pengendara untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara memahami bagaimana merawat riding gear dengan baik dan benar, karena jika tidak maka akan sering terjadi kerusakan seperti termakan jamur, atau jadi kaku untuk jaket, sarung tangan dan sepatu sehingga tidak nyaman dikenakan,” tutup Ludhy.