0
396

Jadi Incaran Kolektor, Telisik Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Bandit 400 (Part 2)

Gilamotor.com – Melanjutkan part 1 untuk kalian yang ingin mengoleksi Suzuki Bandit 400. Penggunaan nama Bandit yang sering digunakan sebagai nama tokoh penjahat dalam cerita drama di Indonesia. Hal ini membuat motor terkesan paling sangar dibanding kompetitornya. Padahal jika melihat dari spesifikasi Suzuki Bandit 400 memiliki kapasitas mesin 398cc in line 4 silinder, DOHC.

Yang dimaksud in line 4 silinder adalah mesin 4 silinder yang semuanya berbasis sejajar satu arah. Kondisi ini membuat mesin Suzuki Bandit 400 melebar kesamping, namun masih dalam ukuran mesin yang cocok untuk dimensi motor dengan ukuran 2055mm X 705mm X 1060mm.

(Baca juga: Dongkrak Pariwisata, Kemenkraf Ajak Komunitas Motor Touring)

Masih soal dapur pacu Suzuki Bandit 400 yang menggunakan pendingin cair, 6 speed bisa menyemburkan tenaga hingga [email protected] dan torsi [email protected] Jika kita bandingkan dengan kompetitor yang cukup sepadan. Honda CB 400 Superfour dengan kapasitas mesin 399cc, DOHC, 4 silinder in line, berpendingin cair dengan tenaga maksimal [email protected] dan torsi [email protected]

Suzuki Bandit 400 memiliki tenaga yang lebih besar Gimoters, namun balik lagi ke soal penampilan dan beberapa komponen lainnya. Untuk kalian ketahui hadirnya Suzuki Bandit 400 di Indonesia bukanlah melalui pabrikan resmi yang ada di Indonesia yang kini dikenal dengan PT Suzuki Indomobil Sales.

Saat itu moge Suzuki ini masuk melalui importir umum. Oleh karena itu populasi dari motor ini terbilang langka. Terlebih jika kalian ingin mendapatkan dalam kondisi baik, mulai dari part dan kondisi yang orisinil dan surat – surat lengkap.

Kekurangan Suzuki Bandit 400

– Harga gelap, buat kalian yang ingin mendapatkan motor ini tentunya harus menyiapkan dompet yang tebal pasalnya motor klasik seperti Suzuki Bandit 400 menjadi motor buruan para kolektor. Terlebih jika masih dalam kondisi baik.

– Menurut beberapa pengguna Suzuki Bandit, spare part bandit sulit di dapat di Indonesia dan mereka harus mencari ke Malaysia dan Singapura. Oleh sebab itu tidak jarang harga part dari Suzuki Bandit 400 terbilang mahal.

– Permasalahan karburator dan pengapian menjadi salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh pengguna Suzuki Bandit 400.

Kelebihan Suzuki Bandit 400

– Tampilan dan perfoma dari motor tidak kalah gahar dengan motor saat ini, terlebih raungan mesin 4 silinder Suzuki Bandit 400 terbilang gahar. Ditambah dengan penggunaan knalpot racing yang recomend.

– Kalaupun bosan dengan tampilan standar, basis mesin Suzuki Bandit 400 bisa diaplikasikan ke dalam salah satu konsep motor kustom bergaya cafe racer ataupun tipe lainnya.

– Di Indonesia sudah ada komunitas dari pengguna Suzuki Bandit, dari situ kalian bisa mengetahui bengkel yang rekomen, penggunaan part dan bisa sharing seputar motor Suzuki Bandit series.