0
1391

Langkah Pengenalan Sebelum Memulai Belajar Naik Motor

Gilamotor.com – Usai memasuki masa remaja menjelang 17 tahun tetunya banyak dari Gilmoters yang akan memulai belajar motor. Cara ini merupakan cara yang tepat dan pastinya Bang Gilmot dukung, sesuai peraturan lalu lintas untuk mendapatkan SIM C Gilmoters harus lebih dulu berusia 17 tahun.

Agar kalian bisa langsung lulus dan lancar mengendarai motor tentunya Gilmoters harus lebih dulu mengenal motor yang akan kalian gunakan, Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT. Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan beberapa panduan yang dapat Gilmoters ikuti.

(Baca juga: Yamaha MX King 150 Kembali Menyandang Best of Cub 150)

Berikut tips belajar naik motor matik :

I. Kenali fungsi perangkat motor, Gilmoters harus lebih dulu mengenal motor yang akan kalian gunakan, pasalnya kini sepeda motor memiliki fitur yang berbeda.

  • Tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri.
  • Side stand switch OFF, untuk menghidupkan sepeda motor side stand harus ditekuk / release.
  • Tarik tuas rem untuk menghidupkan motor.

II. Kenali karakter motor, ada banyak tipe motor untuk pemula. Oleh sebab itu kalian harus mengenal karak mesin yang ingin gunakan.

  • Gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda (motor matik pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu).
  • Kenali karakter engine brake nya dikarenakan akan lebih kecil dari motor bebek dan sport.
  • Lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.
  • Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun.
  • Jaga putaran mesin terutama saat akan mendahului dan melewati jalan menanjak / tanjakan agar lebih mudah melewatinya.

Mengenali fungsi perangkat motor dan karakter motor dengan cepat saat belajar berkendara ini akan membuat Anda lebih aman. Selalu gunakan safety gear dan mematuhi peraturan lalu lintas Gilmoters.