0
511

Mau Touring ke Bromo? Ini Yang Harus Dipersiapkan.

Gilamotor.com – Dalam melakukan perjalanan touring tentunya banyak persiapan yang harus kalian lakukan agar perjalanan aman dan nyaman Gilmoters.

Pada dasarnya persiapan touring yang wajib kalian lakukan itu sama saja. Namun di saat pandemi seperti sekarang tentunya ada persiapan tambahan yang harus kalian lakukan.

(Baca juga: Royal Enfield Meteor 350 Mampu Mengembalikan Bikers Ke Jalan Yang Benar)

Seperti yang dilakukan oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia) Provinsi Bali pada tanggal 4 – 6 Juni 2021 lalu ketika melaksanakan touring dengan tujuan akhir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan tema “Lilacita Ring Bromo”.

“Tidak kalah penting daripada kegiatan touringnya sendiri, ada beberapa hal yang wajib untuk dipersiapkan dengan baik, mengingat kondisi saat ini masih pandemi. YRFI Bali sudah mulai melakukan persiapan dua bulan sebelum perjalanan ke Bromo, dan untuk itu kami ingin berbagi tips ini kepada sesama Bikers yang memang menggemari touring. Semoga bermanfaat,” tutur Rofiq selaku Sekjen YRFI Provinsi Bali.

1. Siapkan kondisi motor

Karena perjalanan yang akan ditempuh cukup panjang maka kondisi motor harus prima. Lakukan service berkala di jaringan dealer terdekat di kotamu agar nantinya motor dalam kondisi aman dan nyaman. Dalam service berkala, motor akan diperiksa secara detil mulai dari kelayakan ban, kondisi sprocket-rantai, fungsi rem, kondisi oli, fungsi lampu sampai tegangan battery.

Selain itu pada bagian mesin juga akan diperiksa seperti pembersihan saringan udara, CVT, karburator atau injector juga pemeriksaan kompresi. Setelah melalui perawatan berkala tersebut tentu motor kita akan siap diajak touring.

2. Tentukan rute touring

Tentukan tujuan perjalanan dan kota-kota mana saja yang akan dilalui. Rute jalan bisa dicek melalui aplikasi GPS atau maps untuk mengetahui estimasi waktu dan jarak yang ditempuh. Alangkah baiknya kita juga membuat jadwal yang lebih detil dengan menyusun itinerary. Sehingga perjalanan touring bisa disusun lebih efektif.

3. Booking tiket Bromo

Gilmoter bisa lebih dulu booking secara online dengan membuka situs BROMO. pasalnya saat ini pengunjung wisata bromo dibatasi 1001 orang per hari.

4. Melakukan tes antigen

Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 maka kita perlu melakukan tes Antigen sebelum berangkat dan saat pulang.

5. Jaga selalu prokes

Selama perjalanan tidak menutup kemungkinan kita akan bertemu dengan pengunjung wisata lainnya. Maka kita wajib disiplin protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid19. Bawa juga obat-obatan P3K dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan.

6. Patuhi peraturan lalulintas & safety riding

Selama perjalanan kita harus mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Menggunakan riding gear yang sesuai standar keamanan seperti sarung tangan riding, jaket, sepatu dan helm. Tidak lupa perlengkapan tambahan seperti jas hujan dan tools kit. Kemudian mengendarai kendaraan dengan aman. Apabila mengantuk dan lelah jangan dipaksakan, kita bisa istirahat terlebih dahulu agar tubuh kita kembali prima.