0
933

Mendapat Pembaharuan Kawasaki ZX-10R Lebih Terjangkau Dibanding Honda CBR1000RR-R dan Yamaha YZF R1

Gilamotor.com – Tirai hitam resmi dibuka secara virtual oleh Kawasaki Motor Indonesia, sesuai dengan prediksi Bang Gilmot Kawasaki Ninja ZX-10R MY 2021 menjadi bintang nya. Menariknya motor supersport ini memiliki harga yang paling terjangkau dari kompetitor yang ada di kelasnya.

Jika melihat pada harga motor dengan kapasitas mesin 1000cc dikelas motor Jepang, Honda CBR 1000 RR-R SP punya harga jual yang paling mahal yaitu Rp 1,1 miliar dan Yamaha YZF-R1 sebesar Rp600 jutaan. Sementara itu Kawasaki Ninja ZX-10R MY 2021 dijual Rp 520 juta Gilmoters.

(Baca juga: Motor Sport Kawasaki Kembali Menggebrak Pasar Indonesia)

Cukup terjangkau bukan? Padahal jika melihat pembahauan yang diberikan cukup mempuni untuk melawan kompetitornya dikelas 1000cc. Dari sisi tampilan Kawasaki Ninja ZX-10R sudah dibekali banyak ubahan, mulai dari livery yang mirip dengan tunggangan Jonathan Rea dan Alex Lowes (Kawasaki Racing Team) di kejuaran WorldSBK.

Jika dibandingkan tipe sebelumnya wajah dari Kawasaki Ninja ZX-10R sudah lebih segar Gilmoters mulai dari adanya front cowl, ukuran lubang udara yang lebih besar, sudut moncong pada bawah lampu yang berfungsi sebagai aerodinamis dan Plus identitas baru berupa logo River Mark. Ia pun menjadi produk non-supercharger pertama yang mengaplikasi lambang tersebut.

“Kami menghadirkan Ninja ZX-10R dengan tampilan yang tentu saja berbeda dari sebelumnya. Maka dari itu, kami berharap motor dengan keluaran all new varian ini dapat menjadikan para pecinta motor Kawasaki bahagia, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami,” ujar Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion (11/6).

Agar lebih mendapatkan riding position yang baik beberapa penunjang seperti jok, footstep dan stang kemudi mendapat ubahan Gilmoters. Dan untuk fitur masih sama seperti tipe sebelumnya hanya saja KMI membekali beberapa pembaharuan agar lebih menyesuaikan tahun produksi dari motor ini.

Fitur yang masih dipertahankan seperti Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF), IMU-Enhanced Chassis Orientation Awareness, Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), Electronic Throttle Valves, Electronic Cruise Control, Power Modes, Economical Riding Indicator, KIBS, ABS, Horizontal Back-Line Rear Suspension dan Smartphone Connectivity.

Smartphone Connectivity menjadi fitur anyar di era saat ini pasalnya Gilmoters bisa konektivitas dengan aplikasi Rideology (via koneksi Bluetooth). Lalu seluruh tampilan dasar pada motor maupun fitur dapat dilihat langsung melalui layar TFT berukuran 4,3 inci. Karena sudah terkoneksi dengan smartphone, indikator telepon atau pesan yang masuk akan muncul pula dari layar tersebut.

Sementara itu pada sektor kaki masih memakai peredam kejut Balance Free Front Fork (BFF) di depan dan BFRC (Balance Free Rear Cushion) buatan Showa di belakang. Kawasaki masih mempercayakan mesin DOHC empat silinder segaris, 16 katup dan kubikasi 998 cc. Output daya yang ditawarkan mencapai 210 Hp dengan ram air aktif yang dituai pada putaran 13.200 rpm.

Torehan ini setara kemampuan ZX-10R terdahulu. Hanya saja, kemampuannya menjangkau tenaga maksimal dilakukan lebih rendah – pada ZX-10R lama dicapai pada 13.500 rpm. Sedang proses pencapaian momen puntir yaitu 114,9 Nm yang dijangkau pada 11.400 rpm. Bagaimana Gilmoters, tertarik untuk meminang Kawasaki Ninja ZX-10R?