0
13

Peduli Pendidikan, Daya Group Gelar CSR Pendidikan untuk Masyarakat

Gilamotor.com –  PT Daya Adicipta Mustika yang lebih dikenal dengan Daya Group bersama beberapa anak perusahaannya melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian perusahaan untuk terus bersama-sama memajukan dunia pendidikan di Indonesia, sekaligus bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

Anwar Joesoef selaku Corporate Secretary Daya Group mengatakan, “Kami secara berkelanjutan ingin terus berperan aktif dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan adanya program ini, diharapkan cita-cita untuk mencerdaskan bangsa bisa tercapai serta bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan perusahaan Daya Group.”

(Baca juga: Waspadai Bahaya Blind Spot Ketika Berkendara Motor)

Ada 4 anak perusahaan Daya Group yang turut serta mendukung kegiatan CSR ini. Pertama, PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang bergerak di bidang otomotif roda dua di wilayah Jawa Barat, secara berkesinambungan memberikan program bantuan pendidikan untuk karyawan, keluarga karyawan, hingga masyarakat sekitar.

Program bantuan pendidikan diberikan kepada masyarakat sekitar sebagai salah satu bentuk keikutsertaan perusahaan dalam membantu pembinaan lingkungan masyarakat yang cerdas secara emosional, spiritual, dan intelektual. Adapun jenjang pendidikan program bantuan ini dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan D3/S1. Pada periode Bulan Januari hingga Juni 2021, DAM telah memberikan bantuan kepada 172 siswa.

Kedua, PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) yang bergerak di bidang otomotif roda di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara, memberikan bantuan beasiswa dan sembako untuk Panti Asuhan Siti Kadijah – Kombos Timur, Panti Asuhan Al-Ikhwan – Kairagi, dan Panti Asuhan As Shabirin – Tuminting. Masing-masing panti asuhan mendapatkan bantuan beasiswa dan sembako dari DAW.

Bantuan beasiswa juga diberikan bagi mahasiswa yang berprestasi sebagai Pemenang Nyong dan Noni Universitas Katolik De La Salle, Manado. Tidak hanya untuk pihak eksternal, DAW juga memberikan beasiswa kepada anak-anak karyawan perusahaannya yang masih sekolah di SMP hingga perguruan tinggi.

Ketiga, PT Daya Adicipta Medika (Daya Medika) yang bergerak di bidang layanan kesehatan di wilayah Jakarta, turut serta dalam kegiatan CSR dengan memberikan edukasi terkait profesi tenaga kesehatan yang dibawakan langsung oleh dokter, perawat, apoteker dan bidan.

CSR dilaksanakan di “Sekolah Kami” yang merupakan sekolah informal yang menampung kegiatan belajar anak-anak pemulung dan kaum dhuafa di daerah Bekasi. Selain pengetahuan umum, sekolah ini mengajarkan cara bercocok tanam, menjahit dan berlatih alat musik tradisonal. Kegiatan CSR ditutup dengan pemberian donasi yang berupa mesin jahit, mesin obras, bibit tanaman dan sayuran, frozen food, multivitamin dan peralatan set alat tulis untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Keempat, PT Nyalindung yang bergerak di bidang perkebunan, memberikan bantuan biaya pendidikan kepada Pondok Pesantren Al – Islamiyah dan Alyah Albidayah Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung. Selain itu, bantuan pendidikan juga diberikan kepada SMK Plus Krida Utama, Padalarang berupa uang tunai Sumbangan Pembinaan Pendidikan untuk kegiatan akhir tahun dan ujian akhir semester.