0
1182

Ragam Modifikasi Yamaha R25, Sanggup Salahi Kodrat Sebagai Motor Racing

Gilamotor.com – Yamaha R25 atau YZF-R25 dihadirkan untuk Gilmoters yang menyukai motor sport fairing. Kapasitas mesin yang tergolong mempuni membuat motor ini bisa jadi pilihan untuk dimodifikasi.

Diawal kehadirannya desain Yamaha R25 sangat memukau bahkan PT YIMM menyebutnya Baby M1 Gilmoters. Yaps betul Baby M1 adalah motor supersport Yamaha. Yang mungkin kalian lebih mengenalnya dengan sebutan YZR-M1. Desain tajam pada bagian depan dan belakang membuat motor mengeluarkan
aura racing.

(Baca juga: Royal Enfield Meteor 350 Mampu Mengembalikan Bikers Ke Jalan Yang Benar)

Yamaha R25 dibekali mesin 250cc DOHC 8 katup 4 langkah 2 silinder segaris. Yamaha R25 yang mampu melimpahkan tenaga 35,5 hp. Tak jarang motor ini sering diandalkan pembalap – pembalap di Indonesia.

Diluar ajang balap ternyata Yamaha R25 sering diandalkan dalam ajang kontes modifikasi. Berikut modifikasi Yamaha R25:

Modifikasi Yamaha R25 Decal dan Airbrush

Hadir untuk Gilmoters yang suka dengan motor sport fairing. Tentunya bukan hal sulit bagi Yamaha R25 untuk menampakan aura racing. Untuk mempertegas genre tersebut modifikasi racing bisa kalian wujudkan dengan lebih dulu membalut semua bagian bodi dengan decal atau airbrush. Livery – livery pembalap MotoGP mulai dari tim pabrikan Yamaha atau tim satelit bisa jadi referensi.

Modifikasi Yamaha R25 Racing Look

Tak jarang beberapa modifikasi yang memang mengkhususkan motor ini untuk turun dalam kontes. Selain ubahan warna bagian fairing juga tak luput jadi sasaran, mempertegas gaya racing dengan mengganti fairing seperti motor balap tanpa lampu alias fairing buta.

Sementara pada bagian jok, motor balap hanya menggunakan single set
Tak cukup sampai disitu, bagian kaki kaki juga bisa kalian ubah dengan mengganti ukuran ban depan belakang dengan ukuran yang lebih besar Gilmoters.

Sementara untuk mendapatkan suara yang lebih kencang, knalpot racing bisa jadi solusi namun yang wajib diingat adalah batasan disabel agar bebas tilang. Selanjutnya ada pada suspense, pilihan single arm dan arm banana bisa digunakan dengan mencaplok part dari moge – moge Yamaha.

Penggunaan aksesori aftermarket juga bisa kalian gunakan untuk memperkuat kesan racing pada Yamaha R25, mulai dari penggantian handel rem dan kopling, tail tidy alias spakbor, grip, spion hingga kaliper rem cakram berlabel racing.

Modifikasi Yamaha R25 Café Racer

Café racer adalah aliran modifikasi yang sudah ada sejak medio 1950an di Inggris. Dengan tampilan bak motor dalam ajang grand prix, café racer identik dengan motor yang cukup ringkas.

Terbukti dengan tidak dihadirkannya komponen pendukung atau aksesori. Identitas motor café racer seperti stang jepit dan buntut tawon. Namun tidak ada salahnya kalian melakukan modifikasi seperti gambar diatas.

Motor Yamaha R25 di modifikasi bergaya café racer klasik, tentunya dua genre yang berbeda. Namun untuk menemukan jalan tengah dari konsep ini, motor balap seperti GP500 bisa jadi acuannya Gilmoters.

Penggantiannya cukup pada penampilan saja seperti livery, fairing yang minim dengan lekukan atau garis tajam. Sementara pada bagian buritan kini tidak tampak lagi jok untuk pembonceng, jika dalam konsep café racer lebih kenal sebagai buntut tawon karena bentuk yang cembung. Sementara dalam konsep ini bagian buritan lebih runcing.

Modifikasi Yamaha R25 Tracer

Bisa dibilang motor dengan genre sport diubah menjadi motor petualang itu menyalahi kodrat, pasalnya gaya berkendara kedua aliran ini sangatlah berbeda.

Postur tubuh pengendara motor sport lebih membungkuk sedangkan untuk motor touring lebih tegap. Untuk mewujudkan Yamaha R25 bergaya sport adventure. Perubahan yang wajib kalian lakukan adalah dengan mengganti bagian kaki – kaki lebih tinggi agar bisa dengan mudah melalui berbagai jalur.

Suspensi depan bisa mengganti dengan ukuran yang lebih panjang atau menambahkan peninggi sok. Selain itu motor sport full fairing harus diubah menjadi half fairing. Guna menggantikan kekosongan fairing di sekitar mesin, crash bar bisa digunakan sebagai pelindung fairing dari benturan.

Pada bagian stang kemudi tentunya jadi penentu kenyamanan riding jauh, dari yang awalnya setang bergaya racing harus kalian ubah mulai dari segitiga hingga penyematkan setang lebar.

Jadi Gilmoters lebih suka dengan modifikasi bergenre apa untuk Yamaha R25 kalian?