0
933

Sebelum Melakukan perjalanan jauh, 5 Hal Yang Wajib Diperhatikan

Gilamotor.com – Biasanya touring dilakukan pada akhir pekan, tidak ada batasan kilometer dalam melakukan touring. Namun yang harus menjadi catatan saat akan touring adalah persiapan. Ini menjadi penentu dalam perjalanan kalian Gilmoters.

Touring yang menempuh jarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer dan memakan waktu cukup lama, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Gilmoters. Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

(Baca juga: Sulit Untuk Melakukan Perawatan Ke Bengkel, Gilmoters Cukup Lakukan Ini)

“Akan tetapi perlu diketahui, bahwa persiapan touring cukup banyak dan tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu Yamaha Indonesia ingin berbagi tips mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapakan sebelum Anda melakukan touring menggunakan motor,” terang Antonius Widiantoro, Manager of Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Bagi Gilmoters yang akan melakukan touring berikut persiapan yang harus kalian lakukan:

1. Cek Kondisi Kendaraan.

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima. Untuk itu lakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat.

Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

3. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan. Dan jika memang minim informasi terkait jalur touring, manfaatkan teknologi GPS atau digital maps untuk mendapat sedikit gambaran rute.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan.

5. Gunakan Riding Gear yang Layak

Riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan.