0
453

Razia Knalpot Bising membuat Komunitas RX King Angkat Bicara

Razia knalpot bising banyak dilakukan oleh kepolisian daerah demi menjaga keamanan pengguna jalan yang lain. Sangat membingungkan bagi pemilik motor 2 Tak yang memiliki knalpot bising dari lahir seperti Motor raja atau Yamaha RX KING. Salah satu motor yang memiliki suara knalpot bising ini adalah RX KING. Meski saat ini Yamaha sudah tidak memproduksinya, motor raja ini masih banyak ditemui di jalan. Komunitas RX King juga banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, lalu seperti apa tanggapan pemilik RX KING dengan aturan saat ini dan maraknya razia knalpot?

Susilo, akrab disapa gepeng, anggota salah satu komunitas RX King di Yogyakarta mengatakan aturan ini merupakan aturan yang dilematis karena motor RX King merupakan motor yang sudah bising sejak lahir.

“ Komunitas RX King di Indonesia sudah banyak sekali anggotanya bahkan jutaan. RX King dari lahir pun sudah bising, tidak seperti motor 4 tak, motor 2 tak seperti RX King dari pabriknya sudah bising, jika aturan tentang knalpot bising diterapkan lalu apa solusi bagi kami yang memiliki motor 2 tak lainnya. “

Komunitas di setiap daerah mencapai ribuan anggotanya dengan berbagai klub yang tersebar di berbagai Daerah Istimewa Yogyakarta. Anggota komunitas bahkan ada yang dari luar kota untuk bergabung dengan komunitas atau klub motor RX King. Komunitas sendiri menjadi wadah para pecinta RX King untuk selalu menjaga persaudaraan di antara para pengguna motor RX King dan juga dengan pengendara motor lain. Fungsi lain komunitas adalah sebagai edukasi mengenai tata cara berkendara dan menjelaskan bagaimana berperilaku terhadap pengguna jalan lainnya. Salam bleyer sendiri sudah tidak asing didengar ketika anda bertemu 2 motor RX King yang saling berpapasan di jalan. Imbauan dalam berkendara untuk komunitas pasti akan selalu diberikan agar pengguna jalan lain tidak terganggu dengan adanya acara komunitas RX King. Budaya bleyer sendiri semakin lama sudah semakin berkurang. Saat ini banyak sekali anak milenial yang ingin memiliki motor RX King

Ketika mengikuti komunitas pastinya akan ada arahan dari ketua dan kebijakan komunitas dalam berkendara di jalan bukan sekedar bleyar-bleyer, itu semua dilakukan untuk menghargai pengguna jalan lainnya dan juga demi menjaga nama baik RX King.

Modifikasi Knalpot Bobok
Knalpot bobok sendiri memang sudah banyak dilakukan oleh pengguna motor RX King, pembobokan dilakukan agar suara motor lebih nyaring. Metode pembobokan ini bisa dilakukan di bengkel dengan biaya yang relatif murah kisaran harga 100rb an. Knalpot bobok juga sudah bisa anda beli jadi dengan harga kisaran ratusan ribu hingga jutaan. Knalpot bobok sendiri tidak merusak mesin ketika sesuai prosedur, malah membobok knalpot dapat meningkatkan performa motor ini.

Modifikasi knalpot bobok ini bukan hanya digunakan di motor 2 tak saja, Motor 4 tak juga sering menggunakan modifikasi muffler ini. Motor 2 tak lainnya yang sering menggunakan knalpot ini adalah motor Kawasaki ninja 2 tak. Modifikasi ninja 2 tak dengan mengganti knalpot standarnya dengan knalpot bobok sudah lumrah dilakukan oleh rider ninja. Tidak cukup memodif knalpot saja, modifikasi ninja 2 tak juga mengganti velg racing mereka dengan velg jari-jari agar lebih menarik untuk dilihat.

Aksi Positif Komunitas RX King
Beragam aksi positif yang dilakukan komunitas RX king seperti kegiatan sosial hingga kebersihan lingkungan tempat wisata dan sebagainya. Salin menjalin silaturahmi sesama komunitas, melakukan santunan kepada korban bencana alam untuk menghilangkan stigma negatif. Adanya komunitas justru memotivasi seluruh anggota untuk taat peraturan lalu lintas, maka dari itu peraturan knalpot bising alangkah baiknya juga disertai solusi untuk mereka. Peraturan knalpot bising ini bisa diterapkan, alangkah baiknya juga disertai solusi bagi pecinta motor 2 tak yang bisingnya sudah sejak dari lahir.