0
731

Gak Bingung Lagi, Ini 5 Istilah yang Sering Digunakan Komunitas

Fungsi motor tidak sebatas mengantarkan pengendaranya dari satu titik ke titik lain.

Motor juga bisa membawa pengendaranya untuk bertemu dengan pengendara lain dengan kesamaan minat soal motor mereka, seperti pada komunitas modifikasi ninja 2 tak.

Komunitas modifikasi ninja 2 tak biasanya ramai digandrungi para modifikator untuk saling memberi inspirasi lewat mahakarya mereka atau sekedar saling tukar pikiran mengenai modifikasi ninja 2 tak.

Balik lagi ke topik pembahasan, biasanya komunitas motor memiliki agenda rutin untuk kopdar alias kopi darat, untuk wadah silaturahmi para member komunitas tersebut.

Dari situ biasanya tidak sedikit bertemu dengan pengendara yang sepemahaman dengan kita terkait otomotif atau hal lainnya. Bahkan tak jarang sesama anggota sudah saling menganggap sebagai keluarga saking akrabnya mereka.

Mungkin para pengendara yang baru bergabung dengan komunitas motor belum memahami istilah – istilah yang sering digunakan saat kopdar maupun touring, seperti Tourjib, Sunmori, dan Voorijder. Untuk yang belum tahu apa arti istilah tersebut mari kita saling sharing terkait hal tersebut agar Anda bisa cair dengan anak – anak komunitas lainnya.

Berikut ini adalah 5 istilah yang sering digunakan di komunitas:

Sweeper

Sweeper memiliki tugas untuk mengawal barisan saat touring, biasanya hanya beberapa anggota yang ditugaskan untuk peran ini. Sweeper biasanya untuk mengatur barisan ada di sebelah kanan, memastikan semua anggota berada di jalur yang tepat dengan tidak melanggar lalu lintas dan memastikan pula tidak ada member yang tertinggal.

Tak sekedar itu, Sweeper juga memiliki tugas untuk mempertegas dan mengingatkan apa perintah dari Voorijder kepada rombongan.

Voorijder

Voorijder memiliki tugas untuk memastikan keselamatan para anggota dalam rombongan. Voorijder harus mumpuni dalam mengatur formasi, menyesuaikan kecepatan, dan memberi informasi soal situasi dan kondisi jalan dengan gestur tubuh.

Voorijder biasanya ada di bagian depan rombongan sekaligus sebagai pemimpin ditemani oleh seorang Safety Officer.

Safety Officer

Safety Officer biasanya dan sebaiknya dipilih untuk member yang hafal jalan dan bisa membaca dinamika perjalanan. Peran ini penting untuk menunjukkan arah yang benar dan memastikan rombongan melalui jalan yang aman.

Biasanya, Safety Officer harus bisa menentukan jalur terbaik untuk dilalui rombongan, serta memilih momen yang pas untuk melakukan perjalanan.

Road Captain

Road Captain hampir sama dengan ketua kelompok, memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan para member yang ikut dalam rombongan.

Road Captain memiliki urusan yang lebih ke administrasi, seperti perizinan, tiket tempat tujuan, serta hal lain yang terkait dengan penyuratan dan dokumentasi.

Sunmori dan Tourjib

Istilah ini sedang menjadi trend di masa sekarang. Sunmori alias Sunday Morning Ride merupakan kegiatan saat Minggu pagi dan menjadi kegiatan yang cukup hits di kalangan komunitas kendaraan roda dua.

Selain sunmori, ada lagi yang namanya Tourjib kependekan dari tour wajib dan diikuti oleh member dari satu komunitas, dan ada juga Tourgab atau touring gabungan. Tourgab biasanya memiliki rombongan yang lebih banyak karena gabungan dari beberapa komunitas.

Itu dia merupakan istilah yang mungkin sering kita dengar di dunia kendaraan roda dua apalagi untuk anak komunitas. Jangan lupa untuk selalu jaga keamanan berkendara dan tetap hati – hati !