0
635

Gaya Touring Agar Motor Matic Kamu Gak Rewel

Seperti yang kita ketahui bahwa touring bukan hanya sekedar jalan –jalan bareng komunitas, touring juga menjadi ajang silaturahmi di komunitas bahkan antar daerah. Touring juga bisa jalan dengan motor matik murah yang kamu miliki. Gaya touring yang cukup solutif untuk motor matic berikut ini bisa diterapkan agar berkendara makin nyaman.

Modifikasi Motor Matic

Kenapa sih harus di modifikasi? Hal ini bertujuan agar motor matik murah tidak terlihat murahan dan lebih nyaman dipakai. Bisa dengan meninggikan bagian kaki-kaki. Terutama untuk bagian ground clearance agar lebih tinggi dari standarnya. Hal ini bertujuan agar lebih lancar melewati medan bergelombang alias biar motor kalian nggak mentok.

Kedua, dengan menambah busa di jok motor. Jok yang lebih tebal tentu akan lebih empuk, touring pun bisa lebih nyaman dan meminimalisir badan pegal. Selanjutnya, bisa mengganti stang motor dengan yang lebih lebar. Dan mungkin bisa ditambah dengan pemasangan handguard agar tangan lebih aman ketika berkendara. Dan yang tak kalah pentingnya adalah mengganti ban ketika harus menempuh perjalanan jauh. Ban yang lebih lebar otomatis menjadikan keseimbangan dalam berkendara lebih nyaman.

Service Motor Sebelum Jalan

Ini menjadi hal yang sebenarnya paling penting sebelum melakukan touring, dan juga menjadikan motor matik murah mu tidak terlihat murahan. Hal ini juga meminimalisir kejadian mogok ditengah perjalanan atau jika ada komponen yang rusak maka berbahaya untuk keselamatan di jalan. Jika ada salah satu atau beberapa komponen yang sudah rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka harus sesegera mungkin untuk menggantinya dengan yang lebih baik sebelum jalan bareng komunitas.

Untuk motor matik murah pada umumnya yang menjadi bagian penting adalah belt CVT (Continous Variable Transmission). Sebelum jalan touring, pastikan sudah memeriksa untuk standar pemakaian dan ketebalannya. Jika pemakaian CVT pada motor sudah mencapai angka 20.000-25.000 km, maka disarankan untuk sesegera mungkin diganti, karena cukup berisiko jika berangkat touring dengan motor matic yang keadaan CVT nya sudah mencapai angka tersebut.

Tidak sampai disitu, kondisi rem untuk touring atau untuk berkendara juga sama pentingnya. Terutama soal keadaan minyak rem dan ketebalan kampas rem, jika memang sudah dalam keadaan aus dan kurang nyaman saat dibawa berkendara, itu tandanya bagian rem harus segera diservis. Dengan kondisi rem maksimal, jelas lebih menunjang keamanan dan kenyamanan saat touring.

Disini patut menjadi perhatian penting mengingat mesin pada motor matic gampang rewel terutama untuk motor matik murah jika pemilik tidak rajin servis.

Pasang Box Dibagian Belakang

Mengingat waktu touring yang pasti tidak sebentar dan demi mendukung barang bawaan yang diperlukan. Kehadiran box dibagian belakang motor jelas menjadi solusi terbaik untuk kalian yang hobi melakukan touring. Kehadiran box dapat menunjang barang bawaan yang kalian perlukan buat touring seperti surat – surat kelengkapan berkendara, jas hujan, obat-obatan, minuman, bekal makan, dan pakaian ganti.

Touring memang menjadi kebahagiaan tersendiri terutama bagi para bikers yang hobi. Namun jangan dianggap sepele, jika bikers belum matang soal persiapan dan kurang hati-hati, maka bukan tidak mungkin akan ada kejadian diluar kehendak. Itulah mengapa pentingnya kesadaran soal keselamatan berkendara saat melakukan touring.