0
569

Honda Monkey, Si Kecil Yang Baru Tumbuh Gigi

Keluaran motor terbaru Honda dalam bentuk naked sport bertubuh mungil hadir di pasaran Inggris pada Agustus ini. Motor model 2022 tersebut dikabarkan baru – baru ini memperbarui dirinya mulai dari mesin, suspensi, hingga penambahan gigi. Tidak sampai disitu, motor terbaru Honda itu tampil lebih ganas dengan warna anyar yang dipasang. Lalu, bagaimana spek lengkap motor mungil yang sudah dirancang sejak era 70’an ini?
Sebenarnya untuk kelahiran pertama Honda Monkey sudah ada sejak 1961. Ketika Honda Motor menggunakannya di taman hiburan, Tama Tech di Jepang.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Honda Monkey 2022 ada pembaruan di sektor mesin. Mesin dengan torsi baru ini sama dengan mesin yang dipakai dengan Honda Grom 2022.

Dan sekarang upgrade yang menjadi sorotan adalah munculnya gigi kelima yang sebelumnya hanya memiliki 4-speed, upgrade ini membuat daya jelajah lebih nyaman, dengan mesin baru terbarukan yang jelas lebih modern membuat penyebaran rasio gigi makin luas dan sprocket final drive 37 gigi yang sebelumnya ‘hanya’ 34 gigi.

Upgrade juga tidak hanya hadir pada akselerasi yang baik ketika kecepatan rendah, tapi juga ada peningkatan kecepatan maksimal. Spek detail mengenai mesin yaitu 124cc, dua-katup, 1-silinder, single overhead-cam (SOHC), dan pendingin berupa udara didesain bentuk persegi.

Meskipun Honda Monkey sudah sejak lama menjadi hits di USA sejak diperkenalkannya kembali untuk model tahun 2019, ternyata pelanggan di pasaran USA belum puas dan menyatakan keinginan untuk daya jelajah yang lebih nyaman dan akselerasi maksimal. Pernyataan tersebut disadur dari Brandon Wilson selaku Sports & Experiential Manager di American Honda.

American Honda dengan tangan terbuka mengupgrade kemampuan Honda Monkey sesuai keinginan para konsumennya, mereka mampu menawarkan kemampuan tersebut melalui pemasangan Honda Monkey 2022 dengan mesin 5 speed yang notabene sudah dipasangkan pada all-new Honda Grom 2022. Inilah salah satu contoh dari Honda yang tidak hanya mampu merilis beragam miniMOTO, namun mereka juga terbilang mampu untuk urusan teknologi yang inovatif dalam dunia otomotif

Suspensi depan Motor terbaru Honda ini menggunakan inverted fork 31mm ditemani dengan travel 3,9 inch. Lalu untuk suspensi belakang mengandalkan twin shock absorber ditambah travel 4 inch. Travel double suspensi untuk versi MY 2022 (4,3 inch) lebih pendek ketimbang versi MY 2021 (4,1 inch).

Untuk bagian cakram nampaknya produsen masih betah dengan cakram yang lama. Untuk bagian depan masih menggunakan diameter 220 mm dan yang belakang berdiameter 190 mm. Untuk ban, di bagian depan 120/80-12 dan di belakang 130/80-12, keduanya pun masih sama.

Honda Monkey 2022 di Amerika tersedia hanya 2 opsi warna, yakni Pearl Black dan Banana Yellow. Dan untuk harga diperkirakan sekitar USD 4,199 atau Rp 60,6 juta jika dirupiahkan.

Berbeda dengan USA, dari laman resmi Honda UK diketahui bahwa motor ini bakal beredar di pasaran seharga £3.899 atau sekitar Rp 78 juta-an jika dirupiahkan. Tak cuma harga, perbedaan opsi warna juga lebih banyak di UK yakni Pearl Glittering Blue, Banana Yellow, dan Pearl Nebula Red. Motor mungil tersebut kabarnya akan rilis bulan ini.
Tinggal kita tunggu bagaimana hype bikers Indonesia ketika motor terbaru Honda itu hadir di tanah air.