0
416

Kelebihan Mengendarai Motor Trail Di Jalan Aspal

Motor trail sudah sangat sering digunakan untuk jalan yang tidak beraspal atau bisa disebut offroad. Tapi belakangan ini anda pastinya sudah sering melihat pengguna motor trail berada di jalan beraspal dan jalan raya. Menggunakan motor trail untuk digunakan di jalan raya sebenarnya memiliki kelebihan tersendiri ketika anda masih patuh terhadap rambu lalu lintas.

Berikut beberapa keunggulan dan kelebihan motor trail ketika anda menggunakannya di jalan raya

Motor Trail Memiliki Kapasitas Mesin Yang Besar
Motor Trail memiliki silinder yang besar sehingga tenaga yang dikeluarkan juga terbilang sangat bertenaga. Motor trail memiliki akselerasi yang lebih baik ketimbang motor dengan CC setara seperti motor sport maupun matic. Dengan akselerasi yang cepat ini membuat anda lebih mudah bermanuver dalam menyalip kendaraan di depan anda. Menggunakan motor trail di jalan raya juga sangat nyaman jika dikendarai jarak jauh. Motor trail juga sangat bertenaga dalam keadaan jalan yang naik turun seperti pegunungan.

Gesit
Trail memiliki body yang ramping dan juga tinggi, hal ini merupakan alasan kenapa motor trail lebih gesit dibanding motor lain saat dikendarai. Keunggulan dalam struktur body ini membuat anda lebih mudah bermanuver di jalan raya, secara tidak langsung membantu kemampuan berkendara anda menjadi lebih baik. Skill berkendara anda pastinya juga merupakan faktor apakah motor bisa gesit atau tidak. Motor ini memiliki tinggi diatas motor biasa, sehingga alangkah lebih baik jika anda memiliki tubuh dengan tinggi badan setidaknya 165 cm.

Tidak Takut Dengan Jalan Berlubang / Rusak
Keunggulan yang satu ini sudah tidak bisa dibantah lagi, karena memang dasarnya motor trail digunakan untuk jalan-jalan yang rusak seperti tanah maupun bebatuan terjal. Bagi anda yang sering menemukan jalan dengan tekstur yang tidak beraturan alangkah baiknya jika menggunakan motor trail. Apabila anda menggunakan motor bebek atau matic dan lain sebagainya karena daya tahan motor tersebut tidak sepadan dengan daya tahan motor trail. Motor trail memiliki body yang ramping, selain ramping body motor trail juga sangat awet begitu juga dengan rangka motor dan suspensi yang kokoh. Maka dari itu motor ini menjadi motor yang tangguh di segala medan.

Bagi anda yang hidup di pedesaan maupun di pegunungan pasti sering menemukan jalan yang kurang halus atau bisa dibilang terjal. Tapi tenang saja, karena motor trail dapat melibas semua medan yang ada karena memang motor ini didesain untuk menaklukan jalan yang terjal. Selain itu motor trail juga memiliki keamanan yang tinggi ketimbang motor bebek biasa. Jadi, tidak ada salahnya jika anda membeli motor trail untuk beraktivitas sehari-hari.

Motor Trail Mampu Menerobos Banjir
Motor dengan ketinggian diatas rata-rata ini mampu melewati banjir dengan lebih mudah dibandingkan dengan motor lain. Berbeda jika anda mengendarai motor bebek dengan knalpot yang berada di bagian bawah kanan motor maka akan lebih susah bahkan bisa macet karena air masuk ke mesin melalui lubang knalpot atau bahkan lubang karburator. Posisi mesin motor trail juga lebih tinggi, membuat motor trail memiliki ketahanan air yang luar biasa karena komponen tidak mudah terendam air.

Jika air yang menggenang sudah terlalu tinggi maka anda bisa mengakali dengan membungkus CDI atau ECU dengan plastik. Dengan pembungkus komponen ini maka dapat melindungi komponen agar tidak terkena air secara langsung, sehingga membuat motor trail lebih aman.

Salah satu motor trail yang saat ini sering anda jumpai di jalan raya mungkin adalah Honda CRF 150. Motor terbaru Honda ini merupakan salah satu ancaman bagi rivalnya yaitu Kawasaki klx. CRF 150 merupakan motor terbaru Honda yang berhasil menjadi sorotan publik. Motor keluaran AHM ini sudah disisipkan teknologi terbaru sehingga bisa dibilang lebih unggul dibanding rivalnya KLX untuk saat ini. Kehadiran motor terbaru Honda ini membuat Kawasaki tidak tinggal diam dan mulai mengupgrade motor adventurnya untuk mempertahankan dominasi KLX.