0
860

Mengenal Komunitas Motor Tersolid di Jakarta Harley Davidson HOG Dan Yamaha Aerox Club Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara dengan populasi pengguna sepeda motor terbesar di Asia Tenggara. Dengan pengguna sepeda motor sebanyak ini maka banyak juga komunitas dan klub sepeda motor di berbagai wilayah Indonesia. Komunitas motor memiliki kegiatan rutin antara lain kopdar maupun sunmori dengan anggota komunitas yang lain. Selain kopdar dan sunmori komunitas juga ada yang melakukan kegiatan sosial. Semakin aktif komunitas dalam melakukan kegiatan maka semakin solid juga komunitasnya. Pergantian pengurus secara rutin juga dilakukan demi kemajuan organisasi.

Komunitas moge sudah tumbuh sejak lama di Indonesia, bahkan di Ibu Kota Jakarta sendiri memiliki kurang lebih 100 komunitas motor dengan anggota ratusan per komunitas. Salah satu klub motor yang semakin dikenal adalah HOG ANAK ELANG CHAPTER JAKARTA, Klub yang masih satu komunitas dengan Harley Owners Group (H.O.G) yang dibentuk resmi oleh Harley Davidson Motor Company (HDMC). HOG merupakan klub pertama yang dibentuk di Indonesia setelah tutupnya dealer Harley pada masa itu.

HOG Anak Elang Chapter Jakarta berdiri secara resmi pada tanggal 5 juli 2017. HOG Anak Elang melakukan pelantikan pengurus barunya untuk menjaga agar klub tetap dinamis. Klub yang dipimpin oleh Suherti sebagai director dan Hery Bachtiar sebagai assistant director telah melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama-sama anggota klub lainnya.

HOG Anak Elang juga pernah mengikuti touring lintas Amerika Serikat. HOG Anak Elang Jakarta juga kerap melakukan kegiatan kemanusiaan, diantaranya adalah halal bihalal, christmas dan kegiatan lainnya. Kegiatan sosial juga sering dilakukan seperti memberi bantuan kepada panti asuhan, salah satunya adalah panti asuhan di jakarta/ HOG Chapter Jakarta juga mengorganisir anggotanya yang ingin memberi bantuan terhadap korban bencana di tanah air. Dengan kegiatan sosial, Suherti berharap agar bisa menjadi panutan bagi komunitas lain untuk tetap saling bersosial dan saling membantu. Meskipun komunitas ini disatukan melalui hobi berkendara, namun para anggotanya yang tergabung dalam komunitas ini tak menganggap remeh segala kegiatan yang dilaksanakan. Para bikers selalu membentuk komite khusus agar kegiatan touring dan kegiatan lainnya dapat berjalan secara ideal.

H.O.G Jakarta Chapter yang resmi di pimpin oleh direktur pertama Tito Sulistio pada tahun 1998. Hingga saat ini telah sembilan kali pergantian pemimpin club yang tercatat di H.O.G Internasional. Grup motor ini berkembang hingga keseluruh Jakarta, dari awalnya 10 orang kini anggota H.O.G JC telah mencapai lebih dari 4 ribu orang. Grup yang sering melakukan kegiatan gathering, charity, dan touring ini menjadi salah satu tempat perkumpulan moge terbesar yang ada di Indonesia. H.O.G JC berdiri dibawah naungan dealer Mabua Harley Davidson. Setelah Mabua Harley Davidson tutup, maka H.O.G tidak memiliki naungan lagi. Saat itu Sahat Manalu dan Suherli yang masih menjabat sebagai director berupaya agar komunitasnya tetap terdaftar di H.O.G Internasional dan tetap eksis.

Setelah melalui pertimbangan, H.O.G JC mulai mengajukan permintaan untuk mulai menjadi dealer resmi Harley Davidson. Dealer ini akhirnya telah membuka showroom Harley-Davidson hingga menjadi dealer terbesar di Indonesia dan terlengkap di Jakarta Utara. Sesuai dengan peraturan HDMC, H.O.G dapat mengacu pada H.O.G Internasional. Karena adanya empat dealer resmi yang ada di Jakarta maka nama H.O.G JC sudah tidak dapat digunakan lagi. Secara resmi pada tanggal 24 September 2017 dilakukan peluncuran Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter.

Yamaha Aerox Club Indonesia
Yamaha Aerox club indonesia merupakan komunitas pengendara motor Yamaha Aerox di Indonesia. Komunitas ini menerima anggota baru setiap bulannya tanpa memandang motor yang dikendarai Yamaha Aerox lama ataupun Yamaha Aerox terbaru. YACI merupakan komunitas motor yang resmi dibentuk pada tanggal 6 Mei 2017 yang merupakan komunitas Yamaha Aerox terbaru, karena saat itu belum ada komunitas Aerox sebelumnya. Setelah 4 tahun dibentuk, YACI merupakan salah satu komunitas motor tersolid yang ada di Jakarta.