0
558

Motor Terbaru Honda dengan Rangka eSAF Bikin Nyaman Pengendara

Pernah dengar apa itu eSAF? Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) merupakan teknologi dalam bentuk kerangka yang sudah diterapkan pada motor terbaru Honda.

Rangka eSAF pada motor terbaru Honda menerapkan proses produksi terbarukan seperti sistem press dan laser welding. eSAF dibuat untuk menyempurnakan stabilitas handling, sehingga motor pun cukup ringan saat dikendarai dan meningkatkan kenyamanan saat bermanuver. eSAF ini juga mampu membuka ruang sehingga lebih efisien dibuktikan dengan hadirnya total luas bagasi yang kurang lebih mencapai 14 L dan ukuran tangki bahan bakar menjadi 4,2 L untuk motor sekelas Honda Genio.

Rangka Esaf ini sedikitnya memiliki 4 keuntungan:
1. Motor Menjadi Lebih Ringan
Rangka eSAF bukan menggunakan pipa seperti rangka pada umumnya, namun kali ini dengan berbahan pelat baja yang sudah ditekuk dan dipress, lalu di las laser sehingga memiliki lipatan di sisi rangka. Total ada 34 komponen yang dihilangkan dalam rangka ini saat produksi penggabungannya, sehingga rangka menjadi lebih simpel. Dalam bentuknya, eSAF terdiri dari beberapa bagian seperti rangka utama (underbone) dan dua lipatan bagian belakang (subframe). Itu sebabnya eSAF lebih ringan dibandingkan dengan rangka yang dipasang pada skutik Honda sebelumnya. Rangka yang lebih ringan otomatis membuat motor menjadi ringan juga, hal ini membuat pengendara lebih nyaman saat melakukan manuver.

2. Lebih Kuat dan Minim Kerusakan
Meskipun lebih ringan, eSAF diklaim bersifat lebih kuat dan memiliki daya tahan yang cukup bagus ketimbang kerangka pada umumnya, salah satunya karen eSAF memiliki bahan baja. Hal tersebut berdasarkan laporan hasil uji internal, sasisnya lebih tahan terhadap defleksi atau pembengkokan saat motor dikendarai.

3. Perbesar Kapasitas Tangki dan Bagasi
Rangka eSAF memberikan benefit yang signifikan soal kapasitas yang membuat berkendara menjadi lebih efisien. Dalam hal ini tentu kapasitas tangki dan bagasi yang menjadi sorotan utama untuk motor terbaru Honda

4. Irit Bahan Bakar
Perlu diketahui untuk para pengendara, bahwa bobot kendaraan berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakarnya. Oleh karena itu, pemasangan rangka eSAF pada motor terbaru Honda cenderung mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Hal ini bisa menjadi favorit untuk pengguna yang menjadikan motor terbaru Honda terutama untuk skutik sebagai motor harian.

Tidak hanya sebatas pada pemasangan rangka eSAF, motor terbaru Honda juga mulai banyak yang menggendong mesin generasi terbaru yakni dikenal dengan eSP atau enhanced Smart Power 110cc SOHC PGMFI. Mesin eSP diklaim mampu menyempurnakan fitur irit bahan bakar, dengan tetap mempertahankan performa optimal. Seperti contoh pada salah satu motor terbaru Honda yaitu Honda Genio, untuk tenaga maksimal yang bisa dimuntahkan oleh skutik fashionable itu mencapai 6.6 KW @ 7.500 rpm ditemani torsi puncak sebesar 9.3 Nm @ 5.500 rpm. Angka yang cukup tinggi untuk golongan skutik harian, Dengan nilai performa yang sudah tertera, maka bisa dikatakan motor ini mampu berakselerasi dengan baik. Terkait kecepatan, dengan jarak 0 – 200 meter dapat dijangkau dengan waktu 12.4 detik. Lalu untuk kecepatan maksimal dari Honda Genio dengan rangka eSAF dan mesin eSP mampu mencapai angka 94 KM/ jam. Tidak hanya itu, rangka ini memudahkan bikers dalam memodifikasi motor Honda Genio sesuai standar yang aman.