0
456

Gak Melulu Soal Spek, Pahami 3 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Kacau Setelah Beli Motor

Sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang difavoritkan mayoritas orang. Transportasi roda dua ini memudahkan pengendaranya untuk melewati kemacetan bahkan ketika harus melintasi jalanan sempit.

Mencari lahan parkir untuk sepeda motor juga tidak sesulit untuk kendaraan roda empat. Tidak sampai disitu, harga kendaraan roda dua jelas lebih terjangkau ketimbang mobil.

Motor matik murah hingga saat ini masih menjadi favorit masyarakat luas. Salah satu contohnya Vario 150 yang telah diproduksi oleh Astra Honda Motor sejak 2015 namun masih diandalkan beberapa masyarakat.

Namun seringan apapun pembayaran untuk motor matik murah. Akan tetap terasa berat jika kita tidak bisa mengatur pembayaran hingga mengetahui harganya.

Artikel berikut ini bisa menjadi referensi kita untuk mengetahui bagaimana agar keuangan tidak kacau setelah membeli motor.

Berikut adalah ulasannya.

1. Survei Harga
Bagi kita yang masih memfavoritkan motor matik murah, menentukan harga juga bukan urusan mudah. Salah satu yang menjadi kekhawatiran masyarakat ketika akan membeli motor adalah ketika sampai dealer melihat harga yang jauh lebih mahal ketimbang harga rata-rata.

Agar tidak mengalami hal semacam itu, sebaiknya kita melakukan survey dulu sebelum memutuskan untuk beli. Baik dari situs online maupun datang langsung ke dealer.

Sudah banyak platform belanja online yang memungkinkan kita untuk mensurvey harga motor secara umum. Dengan begitu kita bisa mendapat motor dengan harga terbaik sesuai dengan situasi keuangan kita.

Ketika survey harga juga jangan tergiur pada embel-embel motor matik murah. Pastikan juga produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang cukup dan legal agar tidak ada masalah di kemudian hari.

2. Kemudahan Pembayaran
Kemudahan pembayaran tentu menjadi hal krusial untuk mengatur keuangan sekaligus mendapatkan motor yang kita butuhkan. Terutama ketika masa pandemi, terlalu berisiko ketika kita langsung datang ke dealer dan memutuskan untuk langsung membeli tanpa mengetahui sistem pembayaran seperti apa yang akan diterapkan nantinya.

Karenanya, membeli kendaraan di marketplace menjadi pilihan idel. Namun agar tetap aman, tentu kita harus berhati-hati dan teliti. Pilih penjual yang bisa dipercaya dan menawarkan produk yang berkualitas.

Membeli kendaraan secara online bukan lagi menjadi hal asing di masa sekarang. Selain melalui proses yang lebih mudah, efisiensi waktu juga menjadi hal penting. Opsi yang kita punya juga lebih beragam dari banyak penjual dengan harga terbaik yang ditawarkan.

3. Tentukan Metode Pembayaran
Secara umum, saat ini terdapat dua opsi metode pembayaran, yaitu secara kredit atau pembayaran tunai.

Lantas, yang mana metode pembayaran yang terbaik untuk kita ? hal tersebut tentu tergantung pada keadaan ekonomi masing-masing dan hakikatnya tidak ada seorangpun yang bisa memaksa metode pembayaran seperti apa yang ingin diterapkan.

Jika bujet yang dimiliki terbatas, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pembayaran kredit atau dicicil.

Masing-masing metode pembayaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk keuangan kita. Jika pembelian motor secara kredit, kita dituntut untuk selalu siap membayar cicilan pokok ditambah bunganya.

Jika memang keuangan cukup maka silakan saja membeli motor secara tunai. Meskipun yang dipilih adalah motor matik murah maka tidak ada salahnya jika sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nah, dengan 3 tips tersebut semoga bisa membantu kita untuk dapat membeli motor dengan mudah.