0
452

Motor Divonis Harus Turun Mesin? Segini Harga Yang Harus Dibayar!

Istilah turun mesin sering menjadi momok mengerikan bagi para pemilik kendaraan pribadi, baik itu motor maupun mobil. Pasalnya, jika kendaraan kita sudah divonis oleh bengkel harus turun mesin, maka bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dalam.

Terutama untuk motor matik murah yang hakikatnya membutuhkan perawatan rutin. Maka cukup berisiko mengalami turun mesin jika pengendara lalai dalam perawatan.

Bahkan untuk motor matik murah sekalipun, tak jarang pengendaranya harus menggelontorkan uang hingga jutaan rupiah untuk turun mesin. Tidak peduli merek yang kita pakai atau dari pabrikan mana yang namanya turun mesin sudah pasti mahal.

Supaya hal tersebut tidak terjadi pada motor Anda, maka peliharalah kuda besi dengan sebaik mungkin. Tujuannya adalah agar kualitas mesin tetap pada yang terbaik dan terhindar dari segala masalah. Pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati sangat pas untuk kondisi kali ini.

Setelah mengetahui bagaimana gejala motor harus mesin, maka sekarang harus mengetahui biaya yang diperlukan ketika motor terlanjur untuk harus turun mesin. 

Tarif yang harus keluar dari dompet tentu lebih besar dari servis atau perbaikan biasa. Lantaran beberapa komponen harus dibongkar dan diganti serta membutuhkan tenaga ahli dari para mekanik. Umumnya mulai dari bengkel resmi maupun bengkel pribadi mematok harga yang tidak jauh berbeda. Yakni sebesar Rp150 ribu hingga Rp1 juta tergantung jenis motor.

Untuk part atau komponen yang akan diperbaiki juga beragam tergantung pada bagian mana yang rusak. Contohnya adalah saat bongkar mesin atas. Hal ini wajib dilakukan bila motor mengalami keausan piston, kebocoran kompresi, dan noken as rusak. Biasanya hal ini disebabkan karena menumpuknya kerak di sekitar payung klep.

Sedangkan untuk keausan piston biasanya karena usia pakai terlampau jauh dan sistem pelumasan yang kurang baik. Ini juga berlaku untuk noken as. Berikut estimasi biaya jika motor harus bongkar mesin atas.

  • Skir Klep: Rp50 ribu
  • Gasket Top Set: Rp80 ribu
  • Korter: Rp100 ribu
  • Piston kit: Rp150 ribu
  • Rocker Arm: Rp170 ribu
  • Noken As: Rp300 ribu
  • Bongkar mesin atas: Rp300 ribu

Daftar harga di atas adalah untuk estimasi biaya yang harus disiapkan jika motor Anda harus dilakukan turun mesin atas. Perlu diingat, tidak semua bengkel mematok tarif harga yang sama, tergantung kebijakan masing-masing bengkel. Lokasi bengkel juga mempengaruhi harga yang ditentukan.

Bongkar Mesin Total
Bongkar mesin kali ini dilakukan jika ada kerusakan pada bearing connecting  dan connecting rod. Rusaknya kedua bagian penting ini biasanya disebabkan oleh usia pakai serta bagian oli yang kemasukan air, banyak terjadi saat bencana banjir melanda.

Kerusakan kedua bagian tersebut ditandai dengan suara yang keras berasal dari bagian tengah mesin. Untuk bagian yang dibongkar sesuai dengan kerusakan yang terjadi, berikut adalah rinciannya.

  • Bearing Kruk As: Rp110 ribu 
  • Connecting Rod: Rp200 ribu
  • Jasa Bongkar Pasang: Rp400 ribu

Tarif yang ditetapkan bengkel tentu sesuai dengan tingkat kerusakan motor dan juga tingkat kesulitan untuk ditangani. Semakin parah tingkat kerusakan dan semakin sulit untuk ditangani, maka harga yang dipatok juga semakin tinggi.

Untuk itu menjaga kualitas motor penting adanya untuk menghindari yang namanya turun mesin. Terutama untuk pengendara motor matik murah yang sangat membutuhkan perhatian khusus pada mesin.