0
577

Motor Matic Suaranya Ngadat? Mungkin Bagian Ini Yang Rusak

Motor matik murah masih menjadi kendaraan roda dua favorit masyarakat Indonesia. Cara berkendara yang praktis dan mudah menjadi alasan motor matik murah banyak digandrungi beberapa kalangan.

Meski demikian, motor matik murah memiliki mesin yang sukar adaptasi dan mesti diberi perawatan rutin terutama untuk komponen mesin.

Tetapi tidak jarang pengendara motor matik murah yang masih tidak peduli dengan keadaan motornya kecuali jika sudah terlihat dalam kondisi yang rusak. Hal ini banyak membuat suara mesin terdengar kasar.

Bagi sebagian masyarakat menganggap hal tersebut wajar karena usia pemakaian motor. Namun jika motor dalam kondisi tersebut tidak segera di servis maka bukan tidak mungkin akan tambah rusak bahkan menyebar ke komponen lain.

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan motor memiliki suara berisik dan ditambah kurangnya tarikan gas. Seperti dilansir oleh gilamotor.com dari laman Astra Motor, ada beberapa penyebab suara mesin pada motor matik murah menjadi kasar. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Roller
Roller yang sudah rusak atau peyang bisa menjadi penyebab motor matik murah mengeluarkan suara yang buruk. Kondisi suara ini biasanya timbul setelah roller sudah tidak berbentuk seperti baru lagi.

Roller yang masih baru dan bagus memiliki bentuk bulat, namun seiring berjalannya waktu dan . Akibatnya suara mesin menjadi pecah dan performa gas motor menurun.

2. Sabuk Van Belt
Van belt atau sering disingkat V-belt bisa menjadi salah satu penyebab suara motor pecah. Kondisi V-belt yang sudah mulai mengalami keausan maka bisa mengganggu bagian CVT motor.

Hal tersebut yang mengakibatkan tutup CVT atau biasa disebut crankcase sering terjadi gesekan dengan belt. Jika hal ini dibiarkan maka V-belt bisa rusak dan menimbulkan suara pecah, jika sudah seperti itu maka akselerasi menjadi tidak nyaman.

3. Plastik Slider Menutupi Rumah Roller
Bagian plastik slider yang menutupi bagian roller bisa menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya suara motor matik murah. Faktor ini terutama jika bor telah mengalami keausan sehingga harus dibawa ke bengkel untuk diganti yang baru.

Jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka suara yang ditimbulkan akan rusak semakin parah. Bahkan bisa menimbulkan adanya getaran dan gerakan terutama pada pelat tutup roller yang semakin tidak stabil

4. Gearbox
Kondisi gearbox pada motor matik murah yang mengalami keausan bisa jadi salah satu faktor timbulnya suara rusak pada mesin. Penyebabnya adalah timbul celah antara mata gigi yang menyebabkan kondisi gearbox menjadi tidak presisi, tentu masalah tersebut membuat suara motor menjadi lebih buruk.

5. Gas Berlebihan
Hal ini sering dilakukan oleh pengendara motor matic. Karena sudah dianggap lumrah maka efeknya dianggap biasa saja. Padahal faktanya, motor matic yang di gas berlebihan memiliki efek yang cukup berbahaya.

Dalam mengendarai motor matic usahakan jangan menarik gas terlalu dalam. Sebagai contoh, saat sedang berhenti di lampu merah maka kamu bersiap untuk menarik pedal gas, lalu ketika lampu hijau maka kamu akan menarik gas sedalam mungkin agar motor bisa melesat secepat mungkin.

Inilah yang menjadi salah satu faktor suara motor bisa rusak. Karena pada situasi seperti itu maka mesin motor secara tidak langsung sedang dipaksa bekerja sekeras mungkin, alhasil performa mesin lama-lama turun dan bukan tidak mungkin harus servis dengan biaya besar.