0
492

Perjalanan Jauh Dengan Motor Matic? Periksa 5 Hal Ini Dulu

Beberapa dari kita banyak yang menggunakan motor matik murah sebagai kendaraan untuk menempuh jarak jauh. Hal tersebut sah-sah saja jika diimbangi dengan perawatan rutin pada motor.

Perjalanan panjang tentu mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Nah, bang Gilmot punya cara supaya berkendara dengan motor matik murah lebih awet.

Perhatikan beberapa kualitas pada komponen sepeda motor seperti pada berikut ini agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

1. Cek Keadaan Oli
Cek dan ganti oli secara berkala mampu mendukung perjalanan yang lebih smooth. Cairan penting pada motor ini harus rutin diganti empat bulan sekali.

Atau setiap perjalanan sejauh 4000 km, harus jalan ke tukang service cadangan untuk ganti oli. Soal kapasitas biasanya motor matik murah memiliki standar kapasitas 0,65 liter. Belum lagi jika setelah selesai bongkar mesin, volum oli yang dibutuhkan adalah 0,8 liter.

2. Pastikan Rem Berfungsi Dengan Baik
Tidak sedikit pengendara yang kurang memperhatikan kondisi rem motornya ketika hendak bepergian. Padahal, terdapat sekian kasus kecelakaan yang penyebabnya adalah karena rem tidak berfungsi dengan semestinya.

Kinerja rem yang baik akan mampu memperlambat laju kendaraan yang sedang dikendarai. Tentunya jika hal tersebut tidak berfungsi dengan baik maka kecelakaan tak bisa dihindari. Minimal rutin 2 bulan sekali untuk memeriksa sekaligus servis. Pastikan rem kedua rem yakni depan dan belakang sama-sama aman.

Terutama untuk kampas rem yang jika sudah dirasa kurang kuat maka jangan menunda untuk memperbaikinya. Indikasi kampas rem sudah tidak berfungsi maksimal adalah ketika tuas rem ditarik maka motor sulit bahkan tak kunjung berhenti. Kondisi seperti ini menunjukan kampas rem sudah tipis dan  harus diganti.

Perjalanan lebih aman lagi jika rem sudah memakai teknologi Combi Brake System (CBS). Seperti pada beberapa motor matik murah yang ada pada sekarang ini. Demi keselamatan berkendara maka jangan sesekali meremehkan kondisi rem pada motor Anda.

3. Jangan Lupakan Kondisi Air Radiator
Tak Cuma mobil, motor pun bisa mengalami overheat jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu air radiator mesti memiliki kualitas yang terbaik untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara, terutama saat berkendara jarak jauh.

Pendingin pada motor matik murah juga harus memiliki kualitas terbaik. Agar mesin tidak mudah rusak karena kepanasan. Sebelum berpergian pengendara juga harus rajin memeriksa kondisi air radiator. Pastikan Volum air radiator masuk dalam takaran upper, bukan lower.

4. Periksa CVT
CVT menjadi komponen yang sangat penting bagi motor matic. CVT atau Continuously Variable Transmission memiliki kegunaan sebagai melancarkan putaran mesin agar motor lebih nyaman digunakan. CVT ini yang menjadi salah satu alasan mengapa motor matik murah harus rutin mendapat perawatan. Namun sayang tidak semua orang mengetahui cara maintenance CVT.

Bagi pengguna matic terbaru Honda tentunya dimudahkan dengan hadirnya AHASS yang bisa merawat kondisi CVT. Cukup informasikan pada mekanik, maka area CVT akan dipegang oleh ahlinya.

5. Periksa Bagian Bearing Atau Leher
Segera ganti bila dirasa bearing sudah mulai kendor. Namun pastikan juga untuk mengetahui kode bearing yang dipasang. Bila bearing dibiarkan kendor maka akan mengganggu rasio gigi. Serahkan pada yang mumpuni jika Anda tidak ada keahlian dalam membongkar bearing.