0
428

Pertama Kali Beli Motor? Kenali Dulu 4 Spek Dasar Ini

Saat kita memutuskan untuk membeli sebuah sepeda motor maka wajib hukumnya untuk mengetahui spek motor yang akan kita pilih. Namun jika kita belum mengetahui lebih dalam soal dunia otomotif maka agak sulit rasanya mengetahui bagaimana spek motor yang baik untuk kita pilih.

Kali ini kita akan membahas bagaimana kita mengetahui spek motor minimal secara umum. Agar tidak salah pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Simak ulasan berikut ini.

1. Analisis Review
Hal ini biasanya mudah dilakukan terutama untuk motor matik murah karena spek nya yang tidak sedetail motor jenis lain. Dengan cara ini kita wajib ketahui kelebihan dan kelemahan motor yang akan kita pilih berdasarkan pengalaman pribadi atau bertanya dengan kolega. Review yang kita lakukan akan memudahkan kita dalam menentukan pilihan.

Misalnya ketika kita ingin beli motor matik murah yang sudah banyak hadir dengan fitur modern Idling Stop System (ISS) dengan keuntungan konsumsi bahan bakar lebih irit. Motor matik murah sekarang ini juga banyak yang sudah dibekali dengan mesin berkekuatan besar sehingga bekerja lebih powerful..

Review bisa dilakukan sendiri, bertanya kepada kolega yang lebih memahami soal motor, bahkan bisa bertanya pada komunitas. Namun pastikan review yang anda dapat dari luar merupakan review yang jujur dan objektif, bukan manipulasi.

2. Sesuai Kebutuhan
Tau kebutuhan pribadi menjadi salah satu hal yang penting dalam memilih motor. Motor yang akan kita bawa jelas akan lebih terasa dalam menunjang kehidupan sehari-hari jika memang sesuai dengan kebutuhan kita.

Jika kita ingin berkendara dengan lincah di situasi jalanan perkotaan terlebih lagi di Ibu Kota yang dikenal rawan macet. Maka motor matik murah adalah salah satu rekomendasi karena kelincahan dan memiliki postur ramping yang lebih ideal.

Keunggulan lain dari motor matik murah adalah kemudahan berkendara. Serta memungkinkan kita untuk mengangkut lebih banyak barang untuk yang membutuhkan. Karena tersedia ruang lebih di bagian depan.

Menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi akan membuat motor terasa lebih optimal untuk kita. Jadi utamakan kebutuhan pribadi dan tidak mengutamakan gaya. Kecuali jika memang tujuan kita membeli motor adalah untuk lebih bergaya di tongkrongan.

3. Ketahui Fasilitas Pada Motor
Semua jenis motor dari segala jenis merek tentu memiliki fasilitas yang berbeda untuk menunjang nasib motor kedepannya. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya, garansi, servis gratis, atau asuransi.

Sejalan dengan fasilitas tersebut, biasanya juga terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut terkait jangka waktu dan jenis fasilitas yang didapatkan. Misalnya servis gratis kadang disediakan oleh dealer berdasar pada jarak tempuh kendaraan atau jangka waktu tertentu, karena pemeliharaan motor merupakan salah satu hal penting. Pastikan anda rutin melakukan check up nanti, contoh mengganti oli motor. Menghadirkan beragam oli motor 4-Tak, 2_Tak dan oli transmisi dengan teknologi terbaik, Evalube dapat menjadi pilihan anda

Dengan adanya fasilitas tersebut kita bisa menghemat sejak awal membeli motor, terutama soal perawatan kendaraan. Karenanya, cobalah untuk pertimbangkan membeli motor dari dealer yang menawarkan berbagai fasilitas ini.

4. Teliti Kondisi Motor
Jangan lalai dalam memeriksa kondisi motor secara keseluruhan saat membeli motor, terutama jika kita memilih untuk membeli motor bekas. Terutama untuk pengecekan kelengkapan dan legalitas, dari segi fisik dan juga surat-surat motor.

Alih-alih membeli motor baru di dealer resmi lebih memiliki risiko minimal ketimbang saat membeli motor bekas. Kita tetap wajib melakukan pengecekan dengan bertanya langsung kepada penjual dan sekaligus meneliti kondisi kendaraan secara langsung.