0
481

All New Yamaha X-Ride 125 Untuk Off-Road? Bisa Banget

Keluar dengan status All New, matik Yamaha terbaru ini muncul dengan penyegaran warna yang lebih segar. Berfokus pada 3 warna baru ada Attractive Red (kombinasi merah dan hitam), Exclusive White (kombinasi hitam dan putih), dan Extreme Black (kombinasi hitam dan light green).

Tampilan baru ini membuat X-Ride memiliki nuansa yang lebih positif dan elegan. Untuk konsep stripingnya juga berbeda dari edisi sebelumnya yang identik dengan konsep urban city. Terbaru, penyegaran untuk matik Yamaha terbaru ini akan mengusung konsep yang menguatkan karakter adventure dipadukan dengan gaya sporty dan lebih agresif.

Namun cukup disayangkan jika adventure hanya sebuah karakter, apa salahnya mencoba diluar aspal? Di trek off road misalkan. Berikut adalah ulasannya

Pertama-tama harus kita sadari meski karakternya adventure namun ban yang digunakan adalah ban on-road seperti matik Yamaha terbaru pada umumnya. Dengan dimensi ban tubeless 80/80-14 bagian depan dan 100/70-14 di belakang. Kurang cocok jika langsung kita pakai di trek off road dengan tanah licin,.

Suspensi depan dengan teleskopik dan belakang dengan monosok ditambah sub-tank, yang menjadikannya relatif keras. Maka dari itu, jangan pernah ajak motor ini untuk jumping atau semua komponennya bakal bubar.

Travel suspensinya di depan dan belakang terbilang cukup rendah, sehingga jika ada gundukan, maka traksi ban agak tidak terasa. Jika saja ground clearance dari motor ini yang hanya 135mm dibuat lebih tinggi, pasti di bagian dek bawah tidak akan mudah mentok gundukan.

Salah satu nilai plus, X-Ride dengan stang agak lebar dan tanpa cover menjadikan rider lebih leluasa untuk di area berkelok. Didukung dengan body samping yang cukup ramping, lebih bisa masuk dan tidak terhambat di area yang dipenuhi semak – semak. Dasar deknya yang dibuat agak bergerigi dan konturnya lumayan kasar, meminimalisir risiko ban atau sepatu rider selip.

Dan perlu diingat, ada 1 fitur yang dirasa tidak dimiliki oleh skutik dikelasnya. Yaitu jok yang didesain merata ala – ala motor trail membuat matik Yamaha terbaru ini lebih beda, hal ini mendukung bokong untuk gampang berpindah. Sangat berguna saat off-road mengingat medan yang dilalui memiliki kontur tanah yang beragam.

Saat nanjak posisi bisa ke depan, sedangkan saat turunan langsung bisa geser ke belakang. 

Sekarang kita bicara soal tenaga. Yamaha mempercayakan mesin Blue Core 125 cc yang sama dengan Mio M3, bertipe 4 langkah, pendingin udara, 2 valve SOHC, Bluecore. Bore x stroke-nya mencapai 52,4 x 57,9 mm yang mampu hasilkan volume ruang pembakaran 125 cc. Muntahan tenaga yang bisa dihasilkan pun jauh beda dengan keluaran sebelumnya, kini All New X-Ride, punya power 9,39 dk untuk 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di nilai 5.500 rpm.

Karena tenaganya mampu dikeluarkan dari fase awal hingga menengah. Maka untuk area tanjakan yang tidak terlalu curam, performa motor ini masih bisa diandalkan. 

Jadi, jika ingin lebih serius di medan off-road dengan motor ini maka harus ada beberapa komponen yang dimodifikasi. Seperti ban dengan permukaan lebih kasar, velg dengan gaya jari – jari, suspensi yang memiliki travel lebih panjang. Jika perlu pasang handguard untuk lebih safety. Patut ditunggu seberapa hype para pecinta off-road untuk menggunakan matik Yamaha terbaru ini.