0
417

Honda Rebel 1100 2021 Resmi Masuk Dalam Keluarga Rebelnya

Honda telah mengumumkan tambahan terbaru untuk keluarga Rebel-nya, yakni Honda Rebel 1100 2021. Tersedia dalam versi transmisi manual dan DCT, Rebel 1100 kini menyandang gelar sebagai Rebel terbesar di jajaran cruiser lama Honda. Faktanya, ini adalah gebrakan perpindahan terbesar yang pernah diproduksi.

Motor terbaru Honda yang satu ini memang belum rilis di pasaran roda dua Tanah Air. Namun agar penggila motor tidak hanya paham soal pasaran motor di Indonesia saja. 

Motor terbaru Honda ini menjadi motor yang bagus di berbagai aspek. Motor terbaru Honda yang satu ini memang belum rilis di pasaran roda dua Tanah Air. Namun agar penggila motor tidak hanya paham soal pasaran motor di Indonesia saja, maka tidak ada salahnya kita membahas soal motor ini.

Rebel 1100 adalah versi retuned dari mesin paralel-twin 1.084cc berpendingin cairan yang ditemukan di platform Africa Twin Honda yang baru saja diperbarui. Lengkap dengan desain poros engkol 270 derajat, mesin 1084cc diharapkan memberikan torsi low-end yang cukup dan penyaluran daya yang dapat dikendalikan, cocok untuk aplikasi motor adventure ini.

Transmisi kopling ganda Honda, yang tersedia sebagai opsi pada model lain seperti Gold Wing dan Africa Twin, memungkinkan pemindahan gigi otomatis yang dikendalikan sistem.

Namun, pengendara masih dapat mempertahankan kendali pemindahan gigi dengan menggunakan mode transmisi “manual” dan melakukan perpindahan gigi melalui sakelar yang dipasang di stang. Transmisi konvensional Rebel 1100 dilengkapi dengan slip and assist clutch.

Rangkaian lengkap dengan alat bantu elektronik adalah standar pada Honda Rebel 1100, termasuk empat mode berkendara yang dapat dipilih. Yakni ada opsi Standar, Olahraga, Hujan, dan mode yang dapat disesuaikan.

Setiap mode mengubah peta throttle dan pengiriman daya. Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang punya empat tingkat, yang menggabungkan kontrol traksi, kontrol wheelie, pengereman engine, dan pengaturan DCT.

Rebel 1100 menggunakan geometri sasis cruiser yang cukup khas dengan wheelbase panjang 59,8 inci, rake 28 derajat, dan trail 4,3 inci. Khususnya, ketinggian kursi rendah 27,5 inci, membawa tradisi aksesibilitas untuk pengendara dengan berbagai ukuran.

Sudut kemiringan maksimum disebut sebagai 35 derajat. Berat yang diklaim adalah 487 pon untuk versi non-DCT dan 509 pon untuk DCT.

Penanganan tugas suspensi adalah 43mm konvensional yang dilengkapi dengan peredam kartrid dan travel 4,8 inci, bersama dengan guncangan Showa kembar yang menampilkan reservoir piggyback dan travel 3,7 inci. Garpu juga menggunakan lapisan titanium oksida untuk tampilan yang gelap.

Kaliper 4-piston monoblok tunggal yang dipasang secara radial dan cakram 330mm menangani pengereman di bagian depan. Di bagian belakang, satu piston dan cakram 256mm melengkapi komponen pengereman. ABS adalah standar.

Honda juga menawarkan banyak aksesori, mulai dari opsi kustomisasi kosmetik sederhana hingga komponen touring yang lebih fokus. Secara gaya, Rebel 1100 mengambil komponen penting di dunia motor penjelajah dengan spakbor depan dan belakang baja.

Sentuhan modern hadir dalam bentuk lampu LED di sekelilingnya dan panel instrumen LCD, yang menampilkan speedometer, takometer, indikator posisi gigi, pengukur bahan bakar, mode berkendara, dan banyak lagi. Tersedia dua pilihan warna, Metallic Black dan Bordeaux Red Metallic.

Honda Rebel 1100 2021 telah tersedia di dealer pada Januari 2021. Namun sayang motor terbaru Honda belum hadir di Indonesia hingga kini.