0
933

Pengembangan Teknologi Keselamatan Masa Depan Honda

Motor terbaru Honda telah mulai mengeksplorasi jauh ke dalam otak manusia dalam upaya mengembangkan teknologi yang lebih kuat untuk membuat berkendara lebih aman.

Dalam salah satu proyek terbarunya, pembuat mobil Jepang menggunakan ilmu saraf perilaku untuk menciptakan sistem bantuan pengemudi yang membuat mengemudi jauh lebih aman.

Pada pertengahan abad ini, Honda berharap tidak ada kendaraannya yang terlibat dalam kecelakaan fatal, karena Honda mengandalkan studi otaknya untuk menyesuaikan fitur keselamatan bagi pengemudi individu.

Peneliti Honda baru-baru ini berkumpul di National Institutes for Quantum and Radiological Science and Technology, sebuah lembaga penelitian yang didanai pemerintah yang berfokus pada ilmu kuantum di kota Chiba, dekat Tokyo.

Mereka mengamati dengan seksama saat gambar MRI menunjukkan aktivitas otak seseorang yang mengoperasikan simulator mengemudi. “Pengemudi ini tidak melihat sekeliling mobil,” salah satu dari mereka mengamati.

Para peneliti terlibat dalam sebuah proyek untuk mengidentifikasi kecenderungan kognitif dan persepsi yang diperlukan untuk mengemudi yang aman dengan membandingkan otak orang yang mengemudi dengan aman dengan mereka yang lebih cenderung mengalami kecelakaan.

Untuk mencapai hal ini, diperlukan identifikasi bagian otak mana yang bertanggung jawab atas fungsi kognitif tertentu. Salah satu peneliti mengatakan, “Faktor penting di balik kesalahan manusia yang menyebabkan kecelakaan adalah otak yang gagal membantu seseorang merespons dengan baik kondisi lingkungan.”

Proyek ini menemukan bahwa faktor di balik kecelakaan lalu lintas yang serupa bisa jadi sangat berbeda. Ambil kecelakaan di mana kendaraan menabrak pejalan kaki, misalnya.

Dalam beberapa kasus seperti itu, pengemudi gagal melihat pejalan kaki, sementara di kasus lain pengemudi melihat orang tersebut tetapi gagal mengenali risiko. Penelitian ini juga menemukan bahwa bagian otak yang berbeda terlibat dalam dua contoh ini.

Tujuannya tanpa malu-malu ambisius: menghilangkan semua kecelakaan fatal yang melibatkan kendaraannya – termasuk sepeda motor – pada tahun 2050. Pembuatnya baru-baru ini membuat gebrakan dengan mengumumkan agenda mobil hijau barunya, yang menyerukan untuk mengakhiri penjualan mobil bertenaga bensin pada tahun 2040 dan fokus pada kendaraan listrik.

Tetapi keselamatan sama pentingnya dengan masalah lingkungan bagi rencana bisnis jangka panjang perusahaan.

Presiden Honda Toshihiro Mibe mengatakan keselamatan berkendara adalah “pilar besar” dari strategi perusahaan, masalah yang sama pentingnya dengan melindungi lingkungan.

Honda akan memimpin jalan menuju masa depan tanpa kecelakaan lalu lintas yang fatal. Melihat teknologi ini cukup mumpuni untuk motor terbaru Honda dan pasaran motor skutik tanah air lain.

Meskipun memiliki hampir tiga dekade sebelum tenggat waktu 2050 yang ditentukan sendiri, para peneliti Honda jauh dari optimis. Ini adalah target yang sangat menantang untuk motor terbaru Honda, seorang insinyur keselamatan senior di perusahaan tersebut juga menyebut 10 tahun ke depan teknologi ini akan menjadi penting.

Mengingat siklus penggantian kendaraan yang khas, Honda perlu memiliki teknologi yang mapan sekitar tahun 2030 untuk memenuhi tujuannya. Misi ini akan semakin diperumit oleh fakta bahwa itu adalah pembuat sepeda motor terbesar di dunia.

Teknologi ini sangat penting untuk kemaslahatan bersama antara pabrikan dan konsumen. Motor terbaru Honda ini akan menjadi acuan untuk pabrikan lainnya terkait teknologi ini.

Namun untuk dihadirkan di Indonesia, teknologi ini jelas membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengingat tidak mudahnya mengembangkan teknologi ini.