0
462

Review Honda CRF125F 2021, Ramah untuk Anak Belajar Berkendara

Honda merancang CRF dengan bentuk mungil dengan cukup cerdas. Pabrikan Honda telah membuat dua versi mengingat ukuran tubuh anak-anak bervariasi.

CRF125F punya versi yang lebih kecil, dengan roda depan 17 inci dan belakang 14 inci. Lalu juga ada CRF125F Big Wheel memiliki roda depan 19 inci dan belakang 16 inci namun dengan memberi pengalaman berkendara yang lebih besar.

Kursi pada motor terbaru Honda ini sangat pas untuk anak dengan memiliki ukuran 2 inci. Juga untuk varian Big Wheel mengakomodasi velg yang lebih besar. Secara fungsional, kedua sepeda motor mini ini sama.

Mesin Ramah Anak
Sejauh yang diketahui, dua fitur terpenting dari CRF mungil adalah kopling yang mudah digunakan dan mesin yang ramah dan andal. Dari yang ukuran kecil maupun yang Big Wheel dipasangi transmisi semi-otomatis yang sangat ideal untuk mulai belajar berkendara.

Tetapi untuk anak berusia 13 tahun, belajar menggunakan kopling dengan benar sejak awal adalah keterampilan yang berbeda untuk setiap anak di usia yang sama. Dengan mesin single 125cc dan pendingin udara, motor terbaru Honda mungil ini tetap gagah dengan dilengkapi SOHC dan dua katup.

Motor terbaru Honda ini juga memiliki teknologi injeksi untuk bahan bakar dan starter listrik. Torsi ujung bawah juga disetel untuk memudahkan pengendara baru dengan tangan kopling yang berjalan tanpa macet. Gearing pendek juga memainkan peran pendukung di sini.

Ketika motor terbaru Honda ini mulai bergerak, penyalaan daya yang bersahabat dibangun dengan cara yang mudah diadaptasi oleh pengendara baru.

Honda yakin bahwa anak-anak akan lebih mudah ketika bermain-main lebih lama di gigi pertama. Daripada untuk berpindah gigi lebih cepat. Karena, anak harus belajar cara mengganti gigi yang dinilai tidak mudah untuk anak-anak.

Sementara motor terbaru Honda ini belum mencapai puncak gearbox empat kecepatan. namun hal ini bukan tidak mungkin akan terus mengalami pembaruan. 

Sasis Dasar yang Tangguh
Rangka baja melapisi kedua varian, dan geometri kemudi yaitu penggaruk 27° dan jejak 3,2 inci. Lebih bisa diandalkan untuk stabilitas yang membangun rasa percaya diri saat berkendara dengan motorcross.

Garpu 31mm memiliki travel 5,2 inci, sedangkan shock tunggal di belakang dengan Pro-Link memiliki 5,5 inci. Suspensi tampaknya diatur secara ideal untuk kecepatan dan kemampuan pengendara anak-anak.

Artinya, motor terbaru Honda tersebut mampu bekerja sangat baik di atas kontur gundukan tanah yang agak tinggi dan kecepatan yang kemungkinan akan mudah dikendarai oleh pengendara baru, utamanya anak-anak.

Kaliper depan dengan double piston menekan cakram 220mm sementara tromol menangani tugas pengereman belakang. Keduanya cocok untuk pengendara yang belajar bagaimana memanipulasi lima kontrol dengan hanya empat pelengkap.

Kemudian CRF kecil juga memiliki generasi untuk pengendara dewasa. Dengan spek yang tidak kalah hebatnya.

Namun disayangkan motor terbaru Honda ini belum turun gunung hingga ke pasaran tanah air. Sebenarnya banyak motorcross dengan bentuk mini yang cocok untuk anak belajar mengendarai motor.

Walaupun speknya tidak sebanding dengan Honda CRF125F ini. Soal harga belum ada pengumuman resmi dari pabrikan.

Jadi untuk Anda yang mau mengajarkan anak belajar mengendarai motorcross mini, belum saatnya untuk menggunakan motor ini. Patut kita tunggu kapan motor mewah mungil ini akan ada di pasaran Indonesia.