0
586

Yamaha Zuma 125 2022 Skuter Mendapat Tampilan Baru Yang Kokoh Dan VVA

Matik Yamaha terbaru tampil dengan elegan,namun belum muncul untuk pasaran roda dua di tanah air.

Yamaha mengumumkan bahwa skuter Zuma 125 akan memiliki desain ulang untuk tahun 2022. Dengan menawarkan tampilan baru yang lebih tangguh dan teknologi variable valve actuation (VVA).

Yamaha telah menggunakan VVA untuk sejumlah model matik Yamaha terbaru selama beberapa tahun terakhir. Sebagian besar pada skuter tetapi juga pada sportbike seperti R15 untuk pasar Asia.

Zuma 125 2022 akan menjadi model pertama dengan VVA Yamaha yang akan dibawa ke Amerika.

Secara visual, Zuma 125 2022 yang juga dikenal di pasar lain seperti Kanada sebagai BW 125 memiliki tampilan off-road yang lebih mencolok daripada desain sebelumnya. Spakbor paruh berukuran lebih besar dan lebih bersudut.

Sedangkan pelindung depan memiliki bentuk yang lebih blok. Ukuran ban sama dengan model 2021, tetapi Zuma 2022 hadir dengan ban gemuk tubeless DURO baru dengan pola blok yang lebih agresif.

Mesin Zuma yang baru memiliki peralihan mesin 125cc yang sama dengan model 2021. Tetapi ada pergantian bore 52,4 mm dan stroke 57,9 mm sebelumnya yakni dengan mesin edisi 2022 memiliki bore 52,0 mm dan stroke 58,7 mm. Rasio kompresinya juga lebih tinggi, yaitu 11,2:1 dibandingkan edisi sebelumnya yang hanya 10,0:1.

Mesinnya tetap menggunakan SOHC empat katup injeksi bahan bakar dengan pendingin udara. Tetapi sekarang menggunakan teknologi VVA untuk mengubah timing katup pada kecepatan mesin yang berbeda.

Sistem VVA ini akan menyesuaikan waktu untuk akselerasi linier, torsi yang lebih kuat pada rpm rendah, dan tenaga lebih besar pada kecepatan mesin tinggi. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi V-belt dengan kopling sentrifugal.

Lalu untuk sasis terdiri dari rangka tabung baja dengan desain step-through.

Beralih dari mesin, untuk ketinggian kursi adalah 30,9 inci, sedikit lebih tinggi dari 30,7 inci dari edisi 2021. Tetapi kali ini dengan bentuk pelana yang sempit membantu memberikan jangkauan yang mudah ke tanah.

Garpu teleskopik depan 33mm menawarkan 3,2 inci perjalanan, sementara suspensi belakang shock ganda menawarkan 3,1 inci. Matik Yamaha terbaru ini menggunakan sistem pengereman terpadu dengan tuas rem belakang menerapkan sedikit gaya pengereman ke roda depan. Sementara tuas rem depan hanya mengontrol rem depan.

Yamaha mengatakan kompartemen penyimpanan di bawah jok cukup besar untuk memuat helm full-face, tetapi juga memiliki dua gantungan helm. Kompartemen penyimpanan depan memiliki soket USB-A untuk mengisi daya perangkat elektronik.

Fitur lainnya termasuk lampu depan asimetris dengan balok yang dapat disesuaikan, layar LCD, dan dudukan tengah. Yamaha mengklaim bahwa Zuma 125 mendapat 101 mpg, yang berarti mampu mencakup jangkauan 162 mil dengan tangki penuh.

Yamaha Zuma 125 2022 akan hadir dalam pilihan warna Yamaha Blue atau Matte Black. Usut punya usut, matik Yamaha terbaru ini memiliki banderol senilai Rp 53 Juta.

Belum jelas apakah matik Yamaha terbaru ini akan hadir di pasaran motor matik tanah air. Dengan spek yang sudah dijelaskan bukan tidak mungkin matik Yamaha terbaru ini akan menjadi selera baru untuk para pecinta motor.

Namun dengan harga yang tergolong tinggi tentu lebih sulit untuk menarik masyarakat yang sudah biasa menggunakan motor matik murah.