0
303

Mitos dalam Merawat Sepeda Motor Matic Murah di Masyarakat

Sepeda motor merupakan sebuah kendaraan atau alat transportasi yang banyak menjadi pilihan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Khususnya motor matic, motor matic dipilih banyak orang karena memiliki body yang ramping, dan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan mobil, begitu juga dengan perawatannya.

Harga motor matic murah membuat para pemilik motor ini mengabaikan perawatan bulanan. Padahal motor matic murah sekalipun juga membutuhkan perawatan yang tidak bisa disepelekan. Sepeda motor juga membutuhkan perawatan rutin, dengan perawatan yang baik maka mampu menjaga performa dari motor tersebut. Bagi anda yang sering berkendara alangkah baiknya jika sebelum menggunakan kendaraan anda untuk mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan.

Saat ini sudah tersebar mitos di masyarakat tentang perawatan sepeda motor matic murah yang bisa dibilang kurang valid atau bahkan tidak benar sama sekali. Maka pembahasan kali ini adalah mengenai apa saja mitos yang tersebar di masyarakat tentang perawatan sepeda motor dan faktanya.

Tidak Boleh Dibawa Ngebut Saat Motor dalam Keadaan Baru
Ketika motor baru datang dari dealer atau saat masih baru maka motor harus melewati masa inreyen. Proses ini dilakukan supaya part-part yang ada di dalam mesin motor bisa menyesuaikan agar nantinya mesin mampu 100 % dalam kondisi terbaik. Proses ini juga ada tata caranya, tidak boleh sembarangan, karena bisa merusak part yang ada di dalam mesin. Dalam hal ini muncul persepsi masyarakat bahwa jika motor baru tidak boleh ngebut atau di bawa pada kecepatan tinggi. 

Mitos ini tidak sepenuhnya benar, malah biasanya ketika anda membeli motor baru dianjurkan untuk mencoba motor ini dalam kecepatan tinggi, agar nantinya mesin terbiasa dengan kecepatan tinggi. Sah-sah saja ketika ingin menggunakan motor anda dalam kecepatan tinggi, yang tidak diperbolehkan adalah menggeber motor secara spontan. Menggeber motor secara spontan atau menarik gas tanpa perasaan ditakutkan akan merusak part mesin yang sedang menyesuaikan diri.

Geber Motor Sebelum Mematikan Mesin
Mitos ini bisa dibilang benar, tetapi hanya berlaku untuk motor dengan tahun keluaran 80-an hingga 90-an. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pengisian aki motor, maka sebaiknya menggeber motor sebelum dimatikan. Tetapi, bagi anda yang memiliki motor diatas tahun 2000-an sudah tidak perlu menggunakan metode ini, karena saat ini motor sudah menggunakan sistem yang lebih baik.

Memanaskan Motor 10 Menit
Mitos ini mungkin anda juga pernah melakukannya, banyak masyarakat yang percaya dan bahkan sering melakukannya di pagi hari. Memanaskan motor memiliki fungsi yaitu mengalirkan oli agar melumasi bagian seluruh mesin setelah semalaman motor didiamkan. Padahal, anda cukup memerlukan waktu 1 hingga 2 menit maka oli sudah akan melumasi seluruh bagian dalam mesin dengan baik. Nah jadi, bila tetangga anda memanasi motor hingga berjam-jam sebaiknya tegur mereka dengan mengirimkan link artikel ini ke mereka.

Menggunakan Electric Starter di Pagi Hari Bikin Aki Rusak
Menggunakan electric starter sebenarnya bisa anda lakukan dan tidak perlu cemas tentang aki anda. Tapi bagi anda yang memiliki motor keluaran 80-an atau 90-an sebaiknya menggunakan kick starter terlebih dahulu.

Itulah beberapa mitos tentang perawatan motor matic murah atau motor lainnya yang masih beredar di masyarakat hingga sekarang. Dengan adanya artikel ini semoga anda bisa mendapat pencerahan mengenai mitos-mitos di atas.