0
371

Yamaha Fascino 125 Fi, Desain Vespa Dengan Mesin Nmax dan Aerox

Kabar ter-update untuk para pecinta motor vespa nih, pasalnya, Yamaha baru saja merilis motor skutik bergaya retro ala Vespa dengan mempercayakan mesin Hybrid dengan kapasitas mesin 125 cc yang hal merupakan dasar dari DNA awal yang sebelumnya diterapkan di Yamaha NMAX dan Aerox 155. Motor matik Yamaha terbaru ini diberi nama Fascino 125 Fi.

Teknologi canggih dari mesin NMAX dan Aerox 155 ini disuguhkan untuk terciptanya sistem hybrid pada mesin. Seperti yang kita semua ketahui bahwa NMAX dan Aerox 155 sudah akrab untuk menerapkan sistem terbarukan Smart Motor Generator (SMG). Namun, sekarang ini NMAX dan Aerox 155 SMG menggunakan teknologi tersebut untuk starter elektrik yang sepertinya sudah ramah di telinga masyarakat.

Nah, khusus pada motor matik Yamaha terbaru ini, fitur SMG memiliki fungsi sebagai motor listrik, yaitu pemberi bantuan daya saat pengendara mengalami peningkatan akselerasi dan berhenti. Hal ini sangat berguna demi meminimalisir rasa kurang nyaman yang dikarenakan getaran saat motor start-out.

Manfaat SMG akan sangat terasa saat lalu lintas sering mengalami situasi stop and go atau dengan kata lain macet, dan juga saat harus melewati medan dengan tanjakan yang cukup curam. Tidak sampai disitu, SMG ini terhubung dengan speedometer dimana hal ini membuat indikator pada speedometer akan memberitahu pengendara bahwa fitur SMG ini sedang aktif.

Sedikit kembali soal mesin, teknologi hybrid memiliki keuntungan yang luar biasa, yakni mesin engine inovatif ini mampu membuat skuter matik ini 16 persen lebih irit bahan bakar. Hal ini tentu menjadi favorit bagi para anak muda yang kadang ‘ogah’ mengeluarkan kocek lebih untuk bahan bakar.

Yamaha Fascino 125 Fi disebut-sebut sebagai saudara dekat dari Yamaha Grand Filano yang telah cukup lama rilis di beberapa negara tertentu. Kedua motor skutik baru ini memiliki gaya yang sama, yaitu skutik retro yang sama dengan Vespa. Namun untuk yang lebih menyukai stylish nampaknya akan memilih Fascino ketimbang Filano, karena Yamaha Fascino 125 lebih unggul soal desain yang lebih fresh dibanding saudara dekatnya, Yamaha Grand Filano.

Semua komponen pencahayaan dalam Yamaha Fascino 125 Fi sudah dengan kualitas LED, mulai dari lampu depan, lampu belakang, serta DRL. Dalam motor tersebut, nantinya pengendara bisa menghubungkan antara Yamaha Motorcycle Connect X dengan smartphone masing–masing.

Yamaha Fascino 125 Fi masih mempercayai dapur pacu 125 cc dengan cooler udara alami dan tentunya seperti skutik pada umumnya motor ini sudah injeksi. Masih soal mesin, motor ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 8,2 hp, juga dengan puncak output torsi yang meningkat dari 9,7 Nm naik menjadi 10,3 Nm.

Fitur lainnya juga dirancang untuk lebih simpel dan modern, seperti anak kunci yang memiliki dwifungsi sebagai start on dan pembuka kursi, dan juga terdapat holder barang yang bisa dilipat. Bagasi di bawah jok cukup memuaskan dengan memiliki kapasitas 21 liter yang lumayan lega, terdapat juga port pengisi daya dengan USB opsional.

Namun untuk harga masih abu–abu karena motor ini sendiri belum rilis di Indonesia, melihat atensi anak muda soal motor skutik terbaru dan vespa bukan tidak mungkin motor ini bakal rilis di kemudian hari. Kira – kira kalau beneran sudah rilis di Indonesia kalian bakal ngejar motor ini gak?