Sumber Foto: WSBK
0
2838

Dilanda Cuaca Buruk dan Sempat ditunda, Balapan Superbike World Championship Sirkuit Mandalika Tetap Berjalan dengan Sukses

Superbike World Championship atau dikenal dengan WorldSBK adalah sebuah seri balapan untuk jenis motor dengan kategori Superbike Racing. Kejuaraan ini pertama kali diadakan pada tahun 1988. Di setiap tahunnya, acara ini diadakan dengan mencari 2 pemenang dari kategori pembalap dan dari pabrikan motor. Jika MotoGP sebanding dengan Formula One di dunia mobil, Superbike sebanding dengan Sport Car Racing.

Pada tahun 2021 ini, sirkuit terbaru di Indonesia menjadi tuan rumah ajang WorldSBK. Sirkuit terbaru di kawasan Lombok Nusa Tenggara Barat ini menjadi saksi sejarah ajang-ajang bergengsi berskala Internasional.  PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WIKA Gedung) sebagai penggagas pembangunan sirkuit Mandalika menyebutkan bahwa sirkuit ini tidak hanya siap untuk ajang balap sepeda motor namun juga ajang balap mobil Formula One sekalipun karena memiliki Pit Building yang modular.

Dikutip dari Bisnis.com, Direktur Operasi I Wika Gedung Bagus Tri Setyana menyampaikan,  “Pit Building Modular ini memang didesain tidak hanya untuk MotoGP. Untuk F1 apakah bisa? Saya pastikan Pit Building tersebut dirancang untuk kepentingan hal tersebut.”

DIlansir pada tirto.id pada 10 November 2021, harga tiket World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 dibuka dengan biaya termurah Rp150.000 untuk hari pertama Jumat, 19 November 2021 dan termahal Rp1.804.800 untuk paket Sabtu-Minggu, 20-21 November 2021. Tiket dapat dibeli di platform online atau ticket box area Lombok. Dalam situasi pandemi Covid-19, penonton dapat menyaksikan balapan WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok, tetapi dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jumlah tiket yang tersedia mencapai sekitar 25 ribu.

Diwarnai dengan penundaan balapan pada hari pertama karena cuaca buruk, pada akhirnya balapan pun tetap berjalan lancar dan tanpa halangan berarti. Race pertama seharusnya diadakan pada Sabtu, 20 November 2021 pukul 14.00 waktu Indonesia tengah, namun dikarenakan hujan yang sangat deras pada pukul 13.45 waktu setempat, race pertama terpaksa ditunda menjadi esok harinya di hari Minggu, 21 November 2021.

Sumber Foto: Dorna

Dikutip dari Kompas.com, dalam kondisi hujan, para pembalap mulai dari Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) hingga sang juara bertahan, Jonathan Rea (Kawasaki), sebenarnya sempat masuk lintasan untuk bersiap.

Begitu juga pada race kedua, balapan sempat ditunda 1,5 jam dari jadwal seharusnya dikarenakan hujan deras yang turun di sirkuit Mandalika, sehingga race 2 pun dilaksanakan dengan track yang basah dan peraturan lap dikurangi menjadi 12 putaran, dimana seharusnya 24 putaran saat kondisi sirkuit normal.

Sumber Foto: Kompas.com

Meskipun Jonathan Rea (Kawasaki) unggul dan menjadi posisi pertama pada 2 balapan di sirkuit Mandalika, masih tak bisa mengalahkan perolehan poin dari Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WSBK). Toprak unggul 13 poin dari Jonathan Rea dan memutuskan dominasi Rea yang telah 6 tahun berturut-turut menjuarai WorldSBK.

Jonathan Rea. Sumber Foto: WSBK
Toprak Razgatlıoğlu. Sumber Foto : WSBK

Dilansir di Crash.net, Minggu (21/11/2021), Toprak juga memuji sirkuit Mandalika sebagai lintasan yang nyaman dan membuatnya jatuh cinta, “Saya nyaman dan saya suka lintasan ini. Sirkuit ini menyenangkan untuk dipakai balapan. Saya menyegel gelar juara dunia di sini, jadi saya tentu cinta sirkuit ini.”