Foto: Motoblast.org
0
156

Ducati Resmi Luncurkan Desert X 2022, Motor Bernuansa Endurance Rally

Beberapa tahun silam tepatnya di ajang EICMA 2019 Milan, Ducati sempat memperkenalkan sebuah motor concept yang memiliki desain layaknya sebuah motor khusus Rally Dakar yaitu Desert X Concept. Tepat dua tahun kemudian, pabrikan motor asal Italia tersebut merealisasikan motor concept tersebut yang diberi nama Desert X 2022.

Motor yang memiliki desain kental dengan aura Rally tersebut memang begitu menonjolkan desain ala sebuah motor enduro di era tahun 1980-an. Hal tersebut dapat dilihat dari fairing yang naik keatas dan dua lampu bulat yang dibungkus lampu kotak. Ya, Ducati memang sengaja begitu menonjolkan desain ala Paris Dakar pada motor tersebut.

Ducati Desert X 2022 dibangun diatas platform yang sama dengan Ducati Scrambler namun mendapatkan beberapa penyesuaian di beberapa area yang dapat menunjang motor tersebut masuk kedalam habitatnya. Shock breaker upside-down dibagian depan dan velg jari jari dibagian depan dan belakang dengan ukuran 18 inci dibagian belakang dan 21 inci di bagian depan pun disematkan di dalam motor ini. Kemudian bagian chassis mendapatkan beragam penyesuaian yang disesuaikan dengan kebutuhan motor ini. Salah satu penyesuaian yang dilakukan oleh para engineer dari motor ini adalah membenamkan chassis baru yang memiliki model tubular steel trellis.

Foto: Motoblast.org

Memiliki desain yang kental dengan aura Paris Dakar, tentu membuat Ducati mempercayakan sebuah mesin yang dapat menunjang motor tersebut melibas area tanah, pasir hingga jarak yang jauh. Mesin yang digunakan pada Desert X 2022 adalah Desmodromic Testastretta 11 Derajat berkapasitas 937cc. Mesin yang memiliki dua buah silinder ini mampu menyemburkan tenaga puncak sebesar 110 HP dengan Torsi 92 Nm.

Shock breaker yang disematkan pada Desert X 2022 menggunakan jenis Monoshock dibagian belakang dan Upside Down di bagian depan dari merk Shockbreaker ternama yaitu Kayaba. Shockbreaker Upside Down yang digunakan pada Desert X 2022 menggunakan diameter tabung 46mm dan mampu melakukan travel sepanjang 230mm. Sedangkan monoshock yang digunakan tersebut dapat diatur pre-load-nya sesuai dengan kebutuhan saat kita melibas jalanan.

Foto: Motoblast.org

Selain dibekali dengan kaki kaki dan mesin yang mumpuni, Ducati juga mempersiapkan sebuah tangki cadangan yang dapat menampung 7,9 liter untuk membekali siapapun yang membawa motor ini ke daerah antah berantah. Selain tangki aksesori tersebut, tangki utama dari Ducati Desert X 2022 ini dapat menampung bahan bakar sebanyak 21 liter. Jadi, ketika kita memasang aksesori tangki bahan bakar tambahan tersebut, Ducati Desert X memiliki tangki bahan bakar sebesar 28,9 liter.

Motor dengan berat 223 kilogram dan tinggi jok 875 mm tersebut pun dibekali dengan berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan pengendaranya mengoperasikan motor ini. Fitur fitur yang disematkan adalah Ducati Safety Pack yang tidak mungkin dilepaskan dari motor ini. Fitur tersebut meliputi Cornering ABS dan juga Ducati Traction Control. Kemudian untuk melewati jalan dengan kontur dan iklim yang berbeda, Ducati juga menyematkan Riding Modes, Power Modes, Ducati Wheelie Control, Engine Brake Control serta Ducati Quick Shift Up and Down. 

Menurut berita yang dikeluarkan oleh RideApart, Ducati Desert X 2022 dibanderol harga $16,795. Untuk orang yang berminat untuk meminang motor ini, Ducati Desert X 2022 sudah mulai tersedia di Ducati Global pada Juni 2022.