Kymco bekerjasama dengan LiveWire. Foto: Kymco Group
0
251

Kymco Bantu Anak Usaha Harley-Davidson Kembangkan Moge Listrik

GilaMotor.com – LiveWire, anak perusahaan dari merek motor legendaris Harley-Davidson, Inc., yang di bursa saham New York memiliki nama HOG, mendapat investasi dari Kymco Group sebesar 100 juta USD.

Artinya, melalui transaksi dengan LiveWire tersebut, Kymco Group akan memegang sekitar 4% dari ekuitas LiveWire.

Sebagai informasi, LiveWire diperkirakan memiliki nilai perusahaan sebesar 2,31 miliar USD. Itu merupakan dana yang dikumpulkan sebelum go public, yang mana cukup untuk mewujudkan rencana strategis Harley-Davidson, dalam merambah pasar kendaraan listrik.

Di dalam rencana strategis tersebut mencakup sejumlah rencana. Mulai dari mempercepat pengembangan pasar dan produk, manufaktur global hingga meningkatkan kemampuan penjualan.

Kymco investasi 100 juta USD pada LiveWire. Foto: Kymco Group

Adanya kerjasama strategis dengan Kymco, membuat LiveWire bisa memanfaatkan secara optimal keahlian teknis, kapasitas produksi, jaringan distribusi, infrastruktur, supplier vendor, dan kemampuan logistik global yang selama ini dipunyai Kymco. Yang paling penting adalah mempercepat transformasi kendaraan roda dua, menuju elektrifikasi.

Allen Ko, CEO Kymco Group mengatakan, pihaknya sangat senang ketika Kymco berkesempatan menjalin kerja sama dengan Harley-Davidson. Terutama di bidang motor besar bertenaga listrik. 

LiveWire menurut Allen telah mewarisi sejarah panjang Harley-Davidson, yang mengindikasikan signifikansi dalam budaya roda dua. 

“Saya percaya, lewat kerjasama strategis ini, LiveWire dapat mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik. Sekaligus mendorong transformasi industri pasar global”, sergahnya. 

Diakui Allen, sebagai satu-satunya mitra strategis LiveWire, Kymco sejauh ini punya kemampuan teknis terkait kendaraan listrik yang telah diakui secara internasional.

Perlu diketahui, sekitar 10 tahun yang lalu, Harley-Davison mendirikan LiveWire. Yang mana pada 2019, LiveWire berhasil menjadi perusahaan mandiri, yang mengkhususkan pada pengembangan kendaraan listrik. 

Foto: Kymco Group

Mewarisi karakter merek Harley-Davidson, LiveWire diklaim telah memimpin transformasi Industri EV dan berfokus pada pasar urban.

Hingga kini, LiveWire menjadi perusahaan EV pertama yang terdaftar di Amerika Serikat. Perusahaan ini berfokus pada pasar Amerika Utara dan Eropa, tentunya dengan rencana melakukan ekspansi ke pasar lain, termasuk Asia.