Foto: yamaha-racing.com
0
412

Mengenal bLU cRU, Program Pembibitan Pembalap Yamaha

Hasrat Yamaha di dunia balap sangat tinggi. Bahkan, motor pertama Yamaha, yakni YA-1, langsung digunakan untuk balapan sepuluh hari setelah perusahaan resmi didirikan.

Di penghujung tahun 2021 ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan program pembibitan pembalap yang diberi nama “bLU cRU”. Di negara lain, program ini juga sudah berjalan.

Yamaha Indonesia memperkenalkan bLU cRU di Sentul International Circuit, Bogor, Kamis (16/12/2021), dan dihadiri juga oleh beberapa pembalap Yamaha, serta komunitas pecinta Yamaha.

Foto: YIMM

Makna dari bLU cRU secara harfiah adalah Blue Crew atau Tim Biru. Pengertiannya yaitu menjangkau luas semua orang yang memiliki passion racing di dunia Yamaha Sport, baik di lintasan on road maupun off road.

Konsepnya bertujuan menciptakan kebanggaan dan kesenangan pengalaman berkendara yang mencakup tiga pilar utama. yaitu Enjoy, Skill Up, dan Connect. Beragam aktivitas diadakan bagi konsumen untuk Enjoy mengendarai sepeda motornya. Selain itu juga dibekali dengan edukasi dan training agar mendapatkan Skill Up berkendara. Selain itu, tentunya bisa Connect dengan pengendara lainnya dalam keluarga bLU cRU ini.

‚ÄĚHari ini kami ingin menekankan komitmen untuk tetap membangun budaya racing agar semakin kuat di Indonesia dengan DNA Racing Spirit kami untuk pembalap, konsumen sport dan fans. Untuk mewujudkan komitmen itu, Yamaha dengan bangga memperkenalkan bLU cRU Indonesia yang menjadi wadah bagi orang-orang dengan passion racing yang kuat di dunia Yamaha Sport, menggunakan line up sport Yamaha yang lengkap,” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT YIMM, dalam keterangan resminya.

Foto: YIMM

Program bLU cRU adalah wadah untuk mendukung generasi muda untuk balapan di on road maupun off road. Wadah ini menciptakan lingkungan yang profesional yang digunakan untuk mendorong, memelihara, dan membangun pembalap masa depan melalui panduan dan pengalaman tak tertandingi dari Yamaha Racing World.

 

Konsep bLU cRU sejalan dengan misi perusahaan yaitu Kando yang menginspirasi Unique Style of Yamaha yang mendasari prinsip Innovation, Excitement, Confidence, Emotion dan Ties.

Innovation mencerminkan inovasi yang selalu dilakukan oleh Yamaha untuk menciptakan permintaan. Excitement adalah kesenangan yang bisa diperoleh melalui produk dan aktivitas. Confidence merupakan kepercayaan dari konsumen karena kualitas produk Yamaha. Konsumen pun merasakan kebahagiaan karena adanya Emotion (emosi) yang kuat dengan produk Yamaha. Kondisi ini makin mempererat Ties atau ikatan antara Yamaha dengan konsumen.

Kando adalah istilah dalam bahasa Jepang yang berarti perasaan seketika yang muncul disebabkan oleh kepuasan yang mendalam dan kegembiraan luar biasa yang dialami ketika kita merasakan suatu hal yang bernilai tinggi.

Foto: YIMM

Filosofi Yamaha tersebut diwujudkan salah satunya melalui balapan yang dapat membangun kedekatan dengan para penggemar. Dengan produk unggulan yang digunakan di lintasan sirkuit serta Spirit of Challenge, diharapkan mampu membawa kegembiraan dan terus berinovasi.

Dalam perjalanan sejarah Yamaha, balapan adalah bagian utama sejak berdirinya perusahaan hingga tahun ini. Tahun ini, Yamaha merayakan 60 tahun berkiprah di ajang balapan Grand Prix dunia serta meraih 4 kemenangan di MotoGP, World Superbike, World Supersport dan MX2 World tahun 2021.

Kuatnya budaya racing Yamaha di Indonesia itu juga ditunjukkan dengan secara aktif mengembangkan karir pembalapnya dalam sejumlah kompetisi balapan populer di Tanah Air.

Foto: yamaha-racing.com

Kentalnya atmosfer budaya balap ini pun turut menginspirasi hadirnya bLU cRU di Indonesia dengan merangkul pembalap, konsumen, dan penggemar.

Di Indonesia, bLU cRU terdiri dari empat kategori, yakni pembalap profesional, pembalap dari komunitas, komunitas, dan penggemar.

  1. bLU cRU Pro Racer : Pembalap profesional yang dikontrak oleh Yamaha. Di kategori ini pembalap memiliki jalur karir balapan di level nasional dan internasional dan mendapatkan bLU cRU apparel. Khusus di tingkat internasional didampingi personal assistant dan mendapatkan support untuk tampil dalam aktivitas promosi yang mengangkat profil pembalap dan lebih mendekatkan dengan para penggemar. 
  2. bLU cRU Private Racer : Konsumen atau komunitas yang aktif berpartisipasi di dunia racing. Mereka bisa ambil bagian di event balapan Yamaha Sunday Race dan Yamaha Endurance Festival. Dalam aktivitas itu disediakan perawatan gratis dan support teknikal untuk jawara kompetisi. Juga tentunya mendapatkan bLU cRU apparel dalam keikutsertaannya. 
  3. bLU cRU Rider : Konsumen atau komunitas yang memiliki Yamaha R Series dan Off road Series. Bagi pengguna line up motor Yamaha itu ada berbagai aktivitas menarik yang dapat diikuti yaitu bLU cRU school (meningkatkan riding skill dengan edukasi dari bLU cRU Pro Racer dan Yamaha Riding Academy), bLU cRU fun riding experience (fokus untuk enjoy aktivitas berkendara), bLU cRU Day (gathering bLU cRU rider untuk saling connect dan berbagi). 
  4. bLU cRU Fans : Semua orang yang mencintai dunia Yamaha Racing.