Sumber Foto : Pikiran Rakyat
0
1485

Mobil & Motor Berbahan Bakar Listrik ikut Ramaikan GIIAS 2021

Perhelatan pameran otomotif terbesar di Indonesia Gaikindo Indonesia International Autoshow atau GIIAS kembali diadakan di tahun 2021 ini. Acara ini berlangsung pada tanggal 11-21 November 2021 kemarin. Acara otomotif yang sangat dinanti para pecinta otomotif baik motor ataupun mobil ini kembali diadakan dengan mengikuti protokol kesehatan, seperti akses masuk menggunakan scan aplikasi Peduli Lindungi, minimal sudah vaksin Covid-19 dosis ke-2, suhu tubuh tidak boleh di atas 37.3℃, menjaga jarak, dan semua transaksi mulai dari pembelian tiket dan transaksi jual beli dilakukan dengan metode cashless atau non-tunai. 

Dengan membayar tiket mulai dari Rp50.000 – Rp200.000, pecinta otomotif sudah dapat menikmati secara langsung pameran yang bertempat di Indonesia Convention Exhibition BSD City Tangerang.

Antrian pengunjung yang harus mengikuti aturan protokol kesehatan. Sumber foto: Otomotif Sindo News

Berdasarkan rilisan pers GIIAS per 22 November 2021 menyatakan bahwa sebagai pelopor penyelenggaraan pameran besar pada masa pandemi, GIIAS ke- 28 kali ini mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah Republik Indonesia. Dukungan dan arahan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sejak persiapan hingga akhir penyelenggaraan GIIAS 2021.

“Berhasilnya penyelenggaraan GIIAS tidak lepas dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah, khususnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, serta Menteri Perindustrian yang telah ikut terlibat mempersiapkan dan mensukseskan GIIAS 2021. Menjadi sebuah kebanggaan bahwa GIIAS 2021 juga mendapatkan perhatian besar dari Bapak Presiden Republik Indonesia, untuk itu Kami sangat berterimakasih,” ujar Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi. Menurut Nangoi, perhatian khusus juga diberikan Pemerintah atas protokol kesehatan yang diterapkan sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2021, untuk memastikan tetap terjaganya kondisi dan status pengendalian Covid-19 pada masa pandemi.

Pers rilis peresmian GIIAS 2021. Sumber foto: Motor1.com

Dikutip dari website resmi GIIAS, GIIAS mencatat kontribusi yang signifikan bagi industri otomotif Indonesia melalui rangkaian pameran GIIAS yang diselenggarakan sejak tahun 2015. Pameran yang telah mendapatkan akreditasi internasional dari OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles), organisasi internasional yang menaungi industri otomotif global, juga telah memicu antusiasme yang tinggi. 

Berbagai produk terbaru dari banyak perusahaan mobil dan motor juga perusahaan terkait lainnya turut memperkenalkan produknya dalam pameran bergengsi ini. Perusahaan mobil seperti Honda, Toyota, Nissan, Daihatsu, Wuling, BMW, Mazda, MINI, Lexus MG dan lain-lain turut membuka booth di pameran otomotif ini. Terdapat juga booth motor seperti Honda, Benelli, SM Sport, dan Kosmik Indonesia.

Dalam GIIAS tahun ini, produk yang cukup menarik perhatian masyarakat adalah kehadiran mobil dan motor dengan motor berbasis listrik dan teknologi hybrid listrik plus bahan bakar. Di jajaran mobil terdapat mobil seperti MG ZS EV, dan Mitsubishi Outlander PHEV. 

MG ZS mobil dengan bahan bakar listrik. Sumber foto: Antara/Sigid Kurniawan
MG ZS mobil dengan bahan bakar listrik. Sumber foto: Antara/Sigid Kurniawan

Di jajaran sepeda motor terdapat booth dan test ride dari KOSMIK Komunitas Sepeda Motor Listrik seperti Paladin, Atom Alpha, Largo, Eike, E-Mastro, dan Katalis.

Boot KOSMIK di GIIAS 2021 pamerkan berbagai model motor listrik. Sumber foto: Pikiran Rakyat/Aldiro Syahrian

Tak mau ketinggalan boothbooth menarik di luar mobil dan motor, turut hadir juga produk audio seperti Venom Audio, ada juga pameran dari produk bahan bakar seperti Biodiesel dan Pertamax Turbo dari Pertamina, lalu produk kaca film mobil dari Llumar dan bCPF1. Yang cukup menarik di masa pandemi ini terdapat boothbooth yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan udara dalam kendaraan seperti booth dari Blueair, Bkleen dan Master Care Virus killer. 

Rangkaian GIIAS pada tahun ini belum selesai, pecinta otomotif di wilayah Indonesia Timur akan kembali disuguhkan berbagai produk dan teknologi terkini dari puluhan merek ternama industri otomotif pada GIIAS The Series di Surabaya yang akan hadir 8-12 Desember 2021, yang diyakini GAIKINDO akan kembali memberikan efek positif untuk industri otomotif Indonesia.