Foto: Setiawan AS
0
304

Senang dan ‘Nyerosot’ Bareng di Balapan Motor Custom Slide on Sunday

GilaMotor.com – Ratusan pengendara motor terlihat begitu antusias ‘menggeruduk’ kawasan Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur. Ada apakah gerangan? Apakah mereka mau kemah Pramuka bareng? 

Ternyata bukan sob. Mereka ramai-ramai datang, karena di Buperta dihelat fun race berjudul ‘Slide On Sunday’, atau disingkat SOS. Slide on Sunday merupakan event balap senang-senang, alias tidak untuk penjenjangan prestasi.

Slide on Sunday sendiri merupakan fun race berkonsep pacu adrenalin di tanah rata. Atau familiar dikenal dengan nama balap Flat Track. Balapan ini diikuti lebih dari 121 starter, datang dari sejumlah wilayah Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, bahkan Yogyakarta.

Kelas yang diperlombakan di dalamnya yaitu kelas Mesin Tegak, Mini Bike, Chopper, Big Bore, Sleep Engine, Dash for Cash dan kelas Corsa sebagai sponsor acara Slide on Sunday.

Memacu tunggangan masing-masing untuk meraih juara. Foto: Setiawan AS

Para peserta berlomba saling kejar. Masing-masing dengan menunggangi motor dari berbagai merek dan jenis, yang sudah dicustom menjadi motor balap. Baik itu motor yang ber-cc besar maupun kecil. 

Mereka bertarung di lintasan balap dadakan yang treknya memutar berlawanan arah jarum jam, dengan luas kira-kira setengah lapangan bola. Kondisi trek di Buperta Cibubur merupakan lintasan tanah rata yang sedikit basah, dengan paduan rumput yang diratakan.

Seru-seruan di ajang yang lumayan memacu adrenalin. Foto: Setiawan AS

“Kita melakukan fun race, bersenang-senang. Yang menang dapat hadiah dari sponsor salah satu merek ban. Sebelumnya kita pernah uji coba balapan kayak gini beberapa waktu lalu di trek BOS, Pulogadung, Jakarta Timur”, ujar Yuli Hariyadi, yang akrab disapa Belo, sebagai salah satu inisiator Slide on Sunday, Minggu (12/12/21). 

Balap senang-senang Slide on Sunday menurut Belo merupakan wadah permainan baru. Terutama bagi para pecinta motor custom, yang doyan memacu adrenalin di lintasan balap. Apalagi katanya, selama ini mungkin banyak para pecinta balap di ranah motor custom, sebatas disuguhi pameran show off, dan kumpul sesama bikers. 

“Harapannya Slide on Sunday menjadi wadah kumpul bikers yang aktif, sehingga kegiatan bikers semakin variatif. Terlebih selama ini kita dikungkung pandemi covid-19, yang sangat membatasi ruang gerak, aktivitas dan kreasi”, lanjutnya.

Sementara Adam Hadziq dari Hiro Motorcycle yang juga inisiator acara mengatakan, gelaran perdana Slide on Sunday mengajak teman-teman bikers untuk memacu adrenalin, berbalut suasana balap yang menyenangkan. 

Resiko menggelosor di tanah rata, licin dan basah menjadi kesenangan tersendiri bagi peserta. Foto: Setiawan AS

“Ragam motor custom karya builder ini benar-benar diuji di lintasan tanah rata, dan licin. Mulai dari kekuatan rangka, sampai mesin yang dipacu maksimal. Selain fun race, Slide On Sunday juga mengajak komunitas dan club motor ‘meet up’. Sambil meramaikan acara yang dimulai sejak pagi”, ungkapnya.

Motor listrik custom juga ada yang ikut memeriahkan Slide on Sunday. Foto: Setiawan AS

Senada dengan Adam, Galih Pratama dari Axial Garage selaku inisiator Slide on Sunday yang lain menyampaikan, ajang ini juga menyediakan sejumlah booth. Buat pelaku industri kreatif lokal, untuk memasarkan produk mereka. Mulai dari apparel sampai kuliner.

Selain fun race, Slide on Sunday juga turut diramaikan sejumlah booth industri kreatif lokal. Foto: Setiawan AS

Rencananya, acara ini diagendakan 3 sampai 4 seri di tahun depan. “Semoga ekosistem fun race di kalangan bikers, khususnya pecinta motor custom, bisa terbentuk. Sehingga balapan ini bisa dihelat lebih profesional lagi”, kata Belo.

Balap flat track sendiri merupakan budaya bikers di Amerika, yang berkembang era 50 an. Awalnya mengandalkan motor-motor harian yang dimodifikasi, supaya bisa dibesut di lintasan tanah rata. Karenanya balapan ini sangat dekat dengan perkembangan budaya custom di seluruh dunia.

Berikut daftar pemenang Slide on Sunday 2021 

Kelas Mini Bike

Juara 1 : (649) Bencho / Yamaha Lawa Racing
Juara 2 : (2406) Damba / Ngiri MC
Juara 3 : (103) Azis Maulana / Pipireun Garage

Kelas Chopper

Juara 1 : (0) Gabuy / Dog Shelter Garage
Juara 2 : (88) Dery Darmawan / BBMC Jakarta
Juara 3 : (913) Aldo Vega / Ghoib Garage

Kelas Sleep Engine 

Juara 1 : (09) Sunda / Axial Garage
Juara 2 : (95) Ade Buluk / Kedaung Motorcycle
Juara 3 : (77) Okky Adam / Ngiri MC

Kelas Corsa OMT

Juara 1 : (09) Sunda / Axial Garage
Juara 2 : (229) Dheon / Scarlet Racing Team
Juara 3 : (3) M. Saoqi / Suka Sama Kendara x Soulmate Extrem

Kelas Big Bore 

Juara 1 : (24) Rendy / Metal Craft
Juara 2 : (665) Nazar Hafis / BBMC Jakarta
Juara 3 : (83) Chandra Gunawan / Frontwheel Motorcycle

Kelas Mesin Tegak

Juara 1 : (5) Teddy Kustiar / Kawasaki Greentech
Juara 2 : (21) M. Saoqi / Suka Sama Kendaraan
Juara 3 : (99) Maulana Sandy / Barokah Jaya

Kelas Dash for Cash

Juara 1 : (3) Yosef
Juara 2 : (2) Judi
Juara 3 : (18) YDTi
Juara 4 : (888) Purwanto