Foto: Otomotif Kompas
0
517

Yamaha R15 V4 dan R15M Hadir Dengan Beragam Fitur Baru

Salah satu pabrikan motor asal Jepang yaitu Yamaha baru saja mengeluarkan varian baru mereka yang bergenre Sport Bike Full Fairing yaitu Yamaha YZF R15 V4 dan YZF R15M. keduanya telah dirilis di India dan dikabarkan akan segera masuk ke pasar Indonesia.

Tampilan kedua motor ini kini jauh lebih sporty dan juga agresif layaknya sang kakak YZF R7. Tidak hanya memiliki desain yang baru saja, tapi fitur fitur yang terdapat didalamnya pun kini lebih lengkap dan baru.

Tampilan R15V4 memang unggul dari segi eksteriornya. Bahkan juga tampak menarik dari berbagai teknologi yang ada. Motor ini bertabur teknologi kekinian yang memang bertujuan untuk menantang Honda CB150R dan Suzuki GSX-R15. Namun, ada sedikit rumor yang beredar jika motor tersebut ketika masuk ke Indonesia akan mengalami kenaikan harga dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tapi jika dilihat, memang harga yang ditawarkan sebanding dengan fitur yang disediakan. 

Basis perubahan desain dibanding pendahulunya, V3, Nampak di bagian wajahnya yang sekarang mirip dengan YZF-R7 yang menggunakan lampu bulat di dalam lubang udara yang berbentuk seperti huruf M. Lampu LED baru kini telah menggantikan desain lama dalam bentuk lampu depan ganda.

Bagian wajah Yamaha R15. Foto: Yamaha Motor

Bagian fairing juga terinspirasi dari R7, ubahannya ini dikabarkan  mampu mengurangi koefisien drag aerodinamika dari 0,307 ke 0,293. Keseimbangan rangka dan sub rangkanya kabarnya juga turut mendapat improvement dari pihak Yamaha guna mendapat experience berkendara yang lebih baik.

Untuk pasar Indonesia, sebenarnya pada R15 V3 sudah mendapatkan suspensi depan upside down. Sedangkan untuk pasar India, varian YZF R15 V4 justru baru memperoleh suspensi upside down untuk menggantikan jenis telescopic yang dipakai pada versi V3. selaras dengan penggunaan suspensi upside down, R15 V4 kini menggunakan triple clamp baru yang sekilas serupa dengan yang dimilik oleh YZR M1.

Yamaha juga menambahkan teknologi baru untuk R15 V4, yaitu dalam bentuk fitur traction control. Bisa dibilang ini adalah yang pertama untuk motor 150 cc transmisi manual buatan Yamaha. Traction control nantinya berperan dalam hal mengatur waktu pembakaran dan volume injeksi bahan bakar untuk memotong aliran tenaga dari mesin ke ban belakang guna mencegah terjadinya selip.

Teknologi traction control pada Yamaha R15. Foto: Yamaha Motor

Selain itu, R15 V4 juga mendapatkan quick-shifter, ini juga digadang gadang sebagai yang pertama untuk motor satu silinder Yamaha. Quick-shifter sekiranya dapat digunakan di atas kecepatan 20 km/jam atau ketika melebihi 2.000 rpm.

Fitur quick shifter yang membuat pengendara dapat melakukan perpindahan gigi keatas tanpa menarik tuas kopling. Foto: Yamaha Motor

Mesin R15 V4 tetap sama seperti sebelumnya, yaitu 155 cc 1-silinder dengan sistem pendingin cairan. Meskipun begitu ternyata  besar tenaga mesin ini hanya 18,2 hp, lebih kecil sedikit dari V3 sebesar 19 hp sedangkan torsi naik 0,1 poin menjadi 14,2 Nm. Transmisi yang digunakan manual 6-percepatan, sedangkan beratnya mencapai 142 kg.