0
126

Indonesia Ride Adventure, Berekreasi Sambil Mendukung Pariwisata Lokal

Gilamotor.com – Bermain motor tidak mesti mengikuti jalanan aspal yang ramai digunakan oleh orang banyak. Sesekali cobalah untuk ikut kegiatan Gasber (Gas Bareng) yang diadakan oleh Indonesia Ride Adventure alias IRA. Meski rutenya didominasi oleh jalanan non aspal, bahkan sampai nyebrang sungai tapi semua jenis motor boleh ikut serta. Namun ingat, harus disesuaikan antara medan yang dilalui, kemampuan motor, semangat rider, karena intinya kegiatan ini adalah untuk senang-senang. 

Foto: IRA

Awalnya saat kami ikut di Gasber ke-6 IRA, Sabtu (6/11) tahun lalu terlihat aneh, “kok ini sering banget berhenti di warung!”. Padahal semua peserta sudah datang dan yang motornya bermasalah pun sudah teratasi. 

Ternyata setelah ditanyakan kepada sang inisiator, Jack Maulana, kegiatan Gasber ini salah satu tujuannya adalah untuk memberikan kebahagiaan kepada pemilik warung. Dengan peserta istirahat di warung mereka dan membeli makanan atau minuman di sana otomatis pendapatannya akan bertambah. 

Warung yang dilewati oleh rombongan Gasber IRA bukan sembarangan, melainkan sebuah tempat yang menawarkan makanan dan minuman dengan lokasi di atas bukit. Misalnya saja warung teh Neng di daerah Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Pada hari-hari biasa paling cuma 5 sampai 9 orang yang jajan di tempat dia. Namun Ketika peserta Gasber IRA datang bisa sampai 40 orang. 

Peserta yang didominasi oleh beberapa rider ini pun ikut dalam komunitas atau club motor. Misalnya saja ada om Dony, El Presidente Royal Enfield Rider Indonesia (RORI). Saat Gasber ia tidak menggunakan motor Royal Enfield melainkan W175 yang sudah dimodifikasi sehingga layak masuk jalur dual-purpose. 

Gasber IRA umumnya memulai (start) perjalanan dari parkiran Jungle Land Sentul atau Warung Biru di Jalan Raya Sentul atau tempat wisata juga warung milik warga lainnya. Yang penting tempatnya memiliki area parkir yang pas dan mudah ditemukan. Adapun titik finish adalah di Saung Bahagia, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. 

Foto: IRA

Selain menyajikan keindahan alam, kondisi perkampungan yang masih asri, persawahan, Gasber IRA juga turut memperkenalkan tempat wisata seperti Gunung Batu yang merupakan batas antara Kecamatan Jonggol dan Sukamakmur, Setu Rawa Gede, Café Ki Demang, dan lainnya. 

Tidak sedikit dari peserta Gasber IRA yang kembali lagi ke tempat-tempat yang dilaluinya. Mulai dari membawa keluarga, teman di komunitas, teman sepedahan, bahkan rekan kerja di kantor untuk berlibur di sana. 

Potensi Wisata dan UMKM Kabupaten Bandung Barat 

Setelah tahun 2021 lebih banyak melakukan Gasber di daerah Jawa Barat bagian kulon. Di 2022 ini Gasber IRA mulai melirik ke bagian timur, lebih tepatnya wilayah Kabupaten Bandung Barat. Acara ini akan mereka gelar pada Sabtu, (15/1). 

Start dari kantor bupati Kabupaten Bandung Barat peserta kemudian akan diajak untuk menyusuri beberapa desa wisata, hutan pinus Bukit Senyum, dan berakhir Gasber 8 IRA ini di Situ Lembang yang ketinggiannya mencapai 1.574 mdpl. 

Selain ngobrol santai, ngopi dan bercengkrama peserta juga akan diperkenalkan dengan salah satu pegiat UMKM yang membuat kerajinan ‘seperti’ lampu petromak dan tas dari bamboo. Peserta pun akan disuguhkan hiburan lokal berupa angklung. 

Indonesia Ride Adventure (IRA) sendiri adalah sarana berkumpul pecinta adventure ‘dual-purpose’. Bukan sebuah komunitas dengan aturan yang segambreng apalagi club. IRA dikelola oleh beberapa orang yang kemudian disebut sebagai admin. Di dalamnya ada Jack Maulana yang merupakan mantan pembalap trail, manajemen balap trail, pelatih keterampilan bermotor dual-purpose dan sekaligus penggagas terbentuknya Indonesia Ride Adventure.