Foto: Blibli.com
0
122

Kanvas Rem Racing Untuk Motor Standar, Apa Bisa?

Gilamotor.com – Memiliki sebuah sepeda motor tentunya membuat kita gatal untuk segera melakukan penyesuaian pada motor tersebut sesuai dengan karakter dan selera kita. Banyak part standar yang biasanya langsung diganti oleh sang pemilik motor yang tentu alasan utamanya adalah selain menyesuaikan dengan selera kita, membuat motor tersebut sedikit berbeda dengan lainnya.

Di kalangan modifikasi motor, ada sebuah rumor yang beredar jika spare part racing lebih bagus dibandingkan dengan spare part standar. Nah, part racing itu sendiri jenisnya banyak sekali termasuk dalam sistem pengereman yang terdapat part racing. Termasuk juga di dalamnya adalah kanvas rem.

Lantas bagaimana jika kita menggunakan kanvas rem racing pada motor harian kita? Sebenarnya ada pro dan kontra dalam pengaplikasian kanvas rem racing tersebut pada sebuah motor standar. Ada beberapa yang bilang jika kita menggunakan kanvas rem racing, pengereman akan lebih pakem dibandingkan dengan menggunakan kanvas rem standar, begitu juga sebaliknya.

Namun sebenarnya hal tersebut sah saja dilakukan dengan catatan, kalian sudah mengganti cakram pengereman dengan yang sesuai dengan kanvas rem racingnya. Bahkan kita juga harus memperhatikan minyak remnya juga. Artinya untuk menggunakan kanvas rem racing, kita harus juga melakukan upgrade cakramnya dari cakram standar ke cakram racing juga dan serta memperhatikan minyak remnya.

Pengaplikasian cakram racing untuk penggunaan harian. Foto: Beritabalap.com

Mungkin kalian bertanya tanya kenapa kita harus mengupgrade juga piranti lain Ketika ingin menggunakan kanvas rem racing. Karena umumnya kanvas rem racing akan bekerja optimal Ketika sistem pengeremannya sudah dalam kondisi suhu yang panas. Jika masih dingin, umumnya rem racing akan ngeloyor.

Ya memang kanvas dan rem racing peruntukannya adalah untuk bekerja dalam kondisi yang intens pada suhu yang tinggi. Karena pada balapan, kendaraan akan melakukan hard brake pada saat akan melewati tikungan.

Selain berdampak pada suhu pengereman, Ketika kita hanya mengganti kanvas remnya saja dengan yang racing tanpa mengganti cakramnya, ada satu hal lagi yang mungkin akan terjadi. Hal yang akan terjadi adalah cakram akan terkikis oleh kanvas rem racing tersebut.

Untuk itu, sangat disarankan pada sistem pengereman kita menggunakan yang standar saja dibandingkan dengan menggunakan yang racing.