Foto Selfie Marc Marquez saat tiba di Lombok. Foto: Instagram/marcmarquez93
0
111

Para Rider MotoGP Telah Tiba di Lombok

Gilamotor.com – Beberapa hari lalu suplai untuk motor balap yang akan digunakan pada ajang MotoGP tepatnya untuk tes pramusim 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia telah tiba. Tak selang beberapa lama, usai menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, para rider MotoGP langsung terbang menuju ke Mandalika, Indonesia.

Ya, Sirkuit terbaru milik Indonesia berkesempatan menjadi tempat untuk tes pramusim MotoGP 2022. Dimana nantinya Sirkuit ini juga menjadi salah satu sirkuit yang digunakan dalam seri MotoGP 2022.

Untuk Tes pramusim MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit itu sendiri akan digelar akhir pekan ini tepatnya di tanggal 11-13 Februari 2022. Hingga saat ini, para pembalap MotoGP mulai berdatangan ke Mandalika usai mereka melakukan tes pramusim di Sepang, Malaysia pada 5-6 Februari 2022.

Dari Instagram Story akun @MGPA, terlihat Fabio Quartararo dan Marc Marquez sudah mendarat di Bandara Internasional Lombok. Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda juga telah mengkonfirmasi bahwa semua pembalap MotoGP 2022 telah tiba di Lombok jelang tes MotoGP Mandalika.

Dari Instagram Story MotoGP diketahui bahwa para pembalap seperti Marc Marquez, Alex Marquez, Pol Espargaro, Andrea Dovizioso, Darryn Binder, Brad Binder, Takaaki Nakagami, dan Fabio Quartararo sudah tiba di Lombok.

Unggahan Instagram Story pala pembalap motoGP di Lombok. Foto: Instagram Story @marcmarquez93 via Tribunnews.

Cahyadi juga mengungkapkan jika para pembalap gmag datang akan langsung masuk ke dalam sistem bubble. Dimana hal ini tak lepas dari penerapan protokol kesehatan yang ketat selama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. 

Sistem bubble adalah sistem koridor perjalanan yang bertujuan untuk membagi orang-orang yang terlibat ke dalam kelompok (bubble) yang berbeda. Kelompok ini memisahkan orang-orang yang berisiko terpapar Covid-19 dengan masyarakat umum, disertai pembatasan interaksi hanya kepada orang di dalam satu kelompok yang sama.

Sistem Bubble itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian Kelompok bubble satu yang terdiri atas pembalap dan ofisial; Kelompok bubble dua yang terdiri atas penonton, jurnalis dan VVIP; dan Kelompok bubble tiga yang terdiri atas petugas dan panitia.

Selain itu, kata Cahyadi, seluruh pembalap harus menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dari tempat asal dan akan kembali menjalani tes serupa setelah tiba di Mandalika. Ya, sebelum mereka berangkat ke Indonesia tepatnya ke Lombok, mereka sudah menerima bukti negatif Covid-19. Setibanya mereka di Lombok, mereka langsung PCR ulang.

Selain itu sebagian logistik sudah sampai di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Seperti stok ban Michelin serta bahan bakar yang akan dipakai masing-masing tim, yang sudah sampai di Mandalika melalui transportasi laut.

Berbeda dengan beberapa logistik yang sudah datang, motor dan komponennya akan menggunakan jalur udara dan langsung mendarat di Bandara Internasional Lombok.

Selain menjadi tuan rumah Tes pramusim MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika juga menjadi lokasi seri kedua gelaran ajang MotoGP 2022 yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Seri pertama MotoGP 2022 akan digelar di Losail, Qatar pada 4-6 Maret 2022.