Foto: bhinneka.com
0
159

Tips Pasang Lampu LED Untuk Motor Lawas

Gilamotor.com – Visibilitas saat berkendara menggunakan sepeda motor menjadi momok utama terutama Ketika kita sedang berkendara di malam hari. Untuk urusan penerangan di malam hari, banyak orang yang melakukan upgrade pada lampu mereka untuk memberikan visibilitas yang lebih baik lagi.

Saat ini lampu LED menjadi pilihan utama Ketika kita ingin melakukan upgrade pada lampu motor kita. Salah satu hal yang membuat orang memilih LED dibandingkan dengan HiD adalah pengaplikasiannya yang tidak rumit dan juga harga yang relatif murah.

Ya, beberapa produsen lampu utama LED menjajakan produk mereka mulai dari harga dibawah Rp100 Ribu. Sangat murah dibandingkan dengan HiD yang harganya sudah mencapai ratusan ribu. Nah untuk pengaplikasian lampu LED biasanya ada yang tinggal colok seperti lampu bohlam biasa.

Lampu LED pada motor. Foto: Lokadata.id

Tapi sebenarnya Ketika kita ingin memasang lampu LED terutama ada motor yang masih menggunakan sistem pengapian AC. Ya pada sistem kelistrikan motor AC, nyalanya lampu motor masih mengikuti putaran mesin. Jika mesin sedang idle, lampu akan redup sedangkan Ketika sedang jalan, lampu menjadi terang.

Nah sebenarnya bisa saja kita langsung colok meski sistem pengapian motor kita masih AC. Namun ada konsekuensi yang harus kita terima yaitu lampu LED jadi lebih cepat rusak. Untuk itu, Ketika kita ingin menggunakan lampu LED pada motor kita yang sistem arus listriknya masih AC adalah dengan merubahnya terlebih dahulu menjadi DC. Namun untuk merubah arus dari AC ke DC bukanlah hal yang mudah.

Nah ada sebuah cara yang bisa dilakukan Ketika kita ingin memasang lampu LED tanpa merubah arus listrik motor kita menjadi DC. Ya, kita bisa mengambil arus dari stopkontak. Kenapa stop kontak? Karena stop kontak sepeda motor kita memiliki arus DC. Untuk sambungan kabelnya kia bisa langsung menyambungkan kabel ke jalur kabel di kontak.

Jika kalian masih merasa hal tersebut terlalu ribet dan riskan, ada hal lain juga yang bisa kita lakukan agar sepeda motor kita menggunakan lampu LED. Hal yang bisa kita lakukan tersebut adalah membeli lampu LED yang sudah support ke kelistrikan AC/DC. Dengan begitu kita bisa tinggal colok saja ke motor kita.